Dark/Light Mode

Rapat Bareng Dewas KPK, Firli Klaim Penyelidikan dan Penyidikan Meningkat

Selasa, 28 April 2020 14:30 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam paparan kinerjanya selama Triwulan I 2020 kepada jajaran Dewan Pengawas Dewas KPK, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, di era kepemimpinannya, terdapat peningkatan jumlah kasus yang diselidiki selama Triwulan I 2020. Begitu juga dengan jumlah penyidikan.

Banyak perkara yang berhasil dieksekusi setelah adanya putusan majelis hakim, yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Baca juga : Vanessa Bryant, Tulis Pesan di HUT Pernikahan

"Kinerja penindakan dalam hal penyelidikan Triwulan l 2020 mengalami kenaikan yang cukup signifikan di angka 69. Ini naik dibanding Triwulan 1 2019, yang hanya berjumlah 43 kasus," ungkap Firli lewat siaran pers, Selasa (28/4).

Peningkatan juga terlihat dalam jumlah penangkapan pada Triwulan I 2020. Ada 8 orang yang ditangkap, dan 101 kali penyitaan yang dilakukan selama 3 bulan terakhir. Sementara dalam periode yang sama tahun lalu, hanya satu orang.

Baca juga : MPR dan DPD Sepakat Saling Menguatkan

Jumlah penyidikan juga naik. Dari 30 kasus di Triwulan I tahun lalu, menjadi 34 kasus di periode ini. Sementara agenda eksekusi saat ini, totalnya ada 44 perkara. Naik satu angka, dibanding Triwulan 1 2019, yang jumlahnya 43.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.