Dark/Light Mode

Kaukus Pemuda DPR Ikut Bantu Suplai Kebutuhan APD Tenaga Medis Di Jakarta

Jumat, 1 Mei 2020 18:02 WIB
Tenaga medis RS Islam Jakarta memamerkan bantuan yang diterimanya dari Kaukus Pemuda DPR, Jumat (01/05).
Tenaga medis RS Islam Jakarta memamerkan bantuan yang diterimanya dari Kaukus Pemuda DPR, Jumat (01/05).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan terus meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta yang menjadi epicentrum dengan jumlah kasus 4.175 orang, Kaukus Pemuda DPR RI secara konsisten menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di Ibu Kota. 

Kaukus ini yang terdiri dari anggota DPR periode 2019–2024 yang berusia maksimal 40 tahun dari berbagai fraksi. Yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP. Mereka sebelumnya telah menyalurkan 493 set alat pelindung diri (APD) dalam bentuk hazmat, kacamata pelindung dan cairan antiseptik untuk 8 puskesmas yang tersebar di 5 kota administrasi di Jakarta, pertengahan April lalu.

Baca juga : Pendidikan Kena Imbas Corona, Pemerintah Jangan Ragu Kasih Stimulus

Pemilihan titik bantuan berdasarkan aspirasi dari para tenaga medis di puskesmas yang walau menjadi garda terdepan, namun masih belum memiliki stok alat medis yang cukup untuk melindungi diri selama menangani pasien.

Di bulan suci Ramadhan ini, Kaukus Pemuda DPR RI kembali menyalurkan 260 set APD yang terdiri dari faceshield, hazmat dan sarung tangan pelindung untuk tenaga medis di RSUD Cipayung Jakarta Timur, RSUD Kramat Jati Jakarta Timur, RSI Sukapura Jakarta Utara, RSIA Aulia Jakarta Selatan dan RSI Cempaka Putih Jakarta Pusat.

Baca juga : Puan: Pemilik Perusahaan Jangan PHK Buruh 

Ketika menerima bantuan, para petugas medis sangat bersyukur atas perhatian dan kepedulian yang Kaukus Pemuda DPR RI berikan. Ini karena persediaan alat-alat medis terus dibutuhkan seiring dengan meningkatnya jumlah pasien. Terutama juga karena sifat APD yang hanya sekali pakai. 

“Terima kasih banyak atas perhatian dan kepeduliannya. Sangat berarti buat kami karena di tengah kondisi dimana jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat, persediaan APD kami berkurang dengan cepat sehingga tak jarang kami keluar modal sendiri untuk APD. Semoga amal baik rekan-rekan dari Kaukus Pemuda DPR RI menjadi berkah di bulan Ramadhan ini,” ucap dr. Rudi Hermansyah Sp.B, Yanmed RSUD Cipayung. 

Baca juga : May Day, Puan Maharani Minta Pengusaha Tak PHK Buruh

Tenaga medis dari RSUD Kramat Jati bahkan mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan membuat video ucapan untuk Kaukus Pemuda yang disertai dengan tagar #KaukusPemuda #OrangBaik.

Kaukus Pemuda DPR RI berharap, tenaga medis tetap bersemangat dalam menjalankan tugas mulianya dan mengajak masyarakat yang mempunyai rezeki berlebih agar senantiasa bergotong royong untuk melindungi pahlawan Indonesia yang berada di garda terdepan. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.