Dark/Light Mode

YLKI dan Greenpeace Sesalkan Peluncuran Produk Air Minum Dalam Kemasan Galon Sekali Pakai

Minggu, 10 Mei 2020 11:15 WIB
Ilustrasi demo menolak sampah plastik (Foto: Indra Hardi Saputra)
Ilustrasi demo menolak sampah plastik (Foto: Indra Hardi Saputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Greenpeace Indonesia sangat menyayangkan keluarnya produk air minum dalam kemasan (AMDK), berbentuk galon sekali pakai.

Setelah merk Cleo yang memproduksi dan mendistribusi kemasan galon sekali pakai, kini merek Le Minerale juga memproduksi AMDK galon serupa.

Baca juga : Kadin Luncurkan Program Ayo Saling Peduli

YLKI dan Greenpeace Indonesia menganggap Produksi AMDK galon sekali pakai ini akan semakin menambah beban lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik sekali pakai (single use).

Apalagi, jika perusahaan yang memproduksi kemasan itu tidak menunjukkan tanggung jawab untuk menarik kembali galon kemasan tersebut dari konsumen.

Baca juga : Baznas Salurkan Bantuan Kepada Muslim Dan Non Muslim

Pengurus Harian YLKI Sularsi mengatakan, secara bisnis atau marketing, perusahaan memang ingin melakukan sebuah inovasi baru dengan menciptakan kemasan baru.

Tapi, dari sisi lingkungan, YLKI secara tegas tidak mendukungnya.

Baca juga : Prudential Luncurin Produk Proteksi Kecelakaan Dan Covid-19

“Kami justru minta perusahaan mengurangi sampah plastik untuk bahan pangan. Khususnya, air minum kemasan sekali pakai. Karena itu akan sangat membebani bumi. Plastik kan tidak bisa terurai. Kok ini malah memproduksi bahan plastik sekali pakai yang baru. Kami tidak mendukung produk kemasan semacam itu,” ungkap Sulastri di Jakarta, Sabtu (9/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.