Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Penjelasan Kemenhub Soal Pesawat Cessna yang Jatuh di Danau Sentani, Papua

Selasa, 12 Mei 2020 15:21 WIB
Proses evakuasi Pesawat Cessna yang Jatuh di Danau Sentani, Papua. (Foto: Istimewa)
Proses evakuasi Pesawat Cessna yang Jatuh di Danau Sentani, Papua. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menuturkan, kronologi jatuhnya pesawat Cessna Kodiak 100 dengan Nomor Registrasi PK-MEC milik Mission Aviation Fellowship (MAF). Pesawat tersebut mengalami kecelakaan di Danau Sentani, Papua, Selasa pagi (12/5).

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menjelaskan, informasi awal terjadinya kecelakaan tersebut masih menunggu hasil investigasi lanjut dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Pesawat Cessna milik MAF dengan Nomor Registrasi PK-MEC dinyatakan jatuh pagi ini pukul 06.29 WIT di Danau Sentani, Papua. Berdasarkan informasi awal, sesaat setelah take-off dari Bandara Sentani pukul 06.27 WIT, pesawat menyatakan 'Mayday' dan meminta Return to Base (RTB) dan kemudian hilang pada monitor radar pada ketinggian 900 feet," katanya, di Jakarta, Selasa (12/5).

Baca juga : Peringatan KPK: Bansos Covid-19 Jangan Dimanfaatkan untuk Kepentingan Pilkada

Menurutnya, saat mengalami kecelakaan, pesawat tersebut melayani penerbangan tidak berjadwal dengan rute penerbangan Sentani-Tolikara dan membawa muatan kargo dengan 1 orang crew pesawat tanpa penumpang. Pesawat tersebut diawaki Capt. Joyce Lin, berkewarganegaraan Amerika Serikat. 

“Pada pukul 08.31 WIT, Tim SAR berhasil melakukan evakuasi terhadap Pilot pesawat PK-MEC, setelah ditemukannya koordinat lokasi kecelakaan, pilot ditemukan dalam kondisi meninggal. Selanjutnya, jenazah dibawa ke Rumah Sakit sebelum diserahkan kepada pihak MAF,” tuturnya.

Baca juga : MA Tolak Perpanjang Penahanan Romy PPP

Saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke melakukan koordinasi intensif dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) guna mendukung investigasi lebih lanjut.

“Kami turut berbelasungkawa atas kecelakaan yang dialami oleh MAF. Kami juga berharap, agar seluruh operator penerbangan tetap memastikan kesiapan pelayanan angkutan udaranya, dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Baca juga : Ini Kebijakan Deregulasi dan Regulasi Kemendag untuk Jaga Harga Pangan Stabil

Sekedar informasi, terjadi insiden 0esawat Cesna K-100, dengan nomor registrasi PK-MEC, jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Sentani. Pesawat ini diketahui terbang menuju Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara dan membawa kargo berisi bahan-bahan pokok. Pilot Joice Lin ditemukan meninggal dan jenazahnya sudah ditemukan di danau itu. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.