Dark/Light Mode

Sudah Nol Covid-19, Bintan Buka Kembali Masjid

Jumat, 15 Mei 2020 17:34 WIB
Virus Corona (Foto: Istimewa)
Virus Corona (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, kembali membuka masjid. Hal ini dilakukan setelah daerah tersebut tidak ada lagi pasien Covid-19.

Bupati Bintan Apri Sujadi, mengatakan, pasien positif Covid-19 di daerah tersebut berjumlah dua orang, satu di antaranya sudah sembuh, dan satu lagi meninggal dunia. Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) telah selesai dipantau, termasuk orang dalam pengawasan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga : Efek Covid-19, Jutaan Pernikahan Dini Bakal Terjadi

Atas hal ini, kata Apri, umat Islam di kabupaten tertua di Kepri tersebut dapat menunaikan shalat lima waktu, Salat Tarawih dan Salat Id di masjid. "Bintan zona hijau. Saya sudah teken surat edaran untuk umat Islam agar dapat mengaktifkan kembali masjid," katanya, di Bintan, seperti dikutip Antara, Jumat (15/5).

Namun begitu, Apri minta kepada masyarakat untuk tetap waspada. Masjid hanya digunakan oleh warga kampung sekitar masjid. Warga harus menjaga kampung atau perumahannya masing-masing untuk mencegah penularan Covid-19. "Setiap warga diimbau untuk shalat di masjid kampungnya masing-masing, dan hindari shalat pada masjid di tempat lain," katanya.

Baca juga : Kena Imbas Covid-19, Penyelesaian Renovasi Masjid Istiqlal Molor 1,5 Bulan

Apri mengemukakan, pengelola masjid dapat memfasilitasi dan menjalankan protokol kesehatan, seperti menyiapkan sabun dan cuci tangan selama dalam kondisi darurat berlangsung. Jamaah masjid pun diwajibkan menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah masing-masing. "Mari bersemangat dan terus berdoa agar kita semua lepas dalam menghadapi wabah ini dalam keadaan sabar," tuturnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.