Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Tengah Pandemi Covid-19

Siloam Hospitals Sediakan Layanan Home Care Penyakit Jantung

Selasa, 19 Mei 2020 16:29 WIB
Ilustrasi sakit jantung. Net
Ilustrasi sakit jantung. Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kewaspadaan terhadap pandemi virus corona, masyarakat diminta untuk tetap mewaspadai penyakit jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) dr. Leonardo Paskah Suciadi, Sp.JP mengatakan, penyakit jantung dikenal sebagai salah satu gangguan kesehatan yang mematikan dan bisa menyerang tiba-tiba pada mereka yang sebelumnya relatif tidak ada keluhan, sehingga dijuluki sebagai silent killer.

"Seringkali gejala penyakit jantung tidak selalu bisa dikenali. Ada penderita sakit jantung yang sudah mengalami berbagai keluhan khas seperti nyeri dada, berdebar, sesak napas atau pingsan berulang. Tapi, tidak jarang penderitanya tidak bergejala sama sekali atau memiliki gejala ringan yang tanpa disadari, padahal mereka sudah memiliki risiko tinggi," kata Leonardo dalam seminar virtual yang digelar SHKJ, Selasa (19/5).

Dilanjutkannya, kondisi tanpa gejala ini cenderung lebih berbahaya. Hal ini dikarenakan penderita belum menyadari dirinya terkena gangguan jantung, sehingga perlu dilakukan pengenalan penyakit lebih lanjut melalui skrining atau penilaian faktor risiko.

Baca juga : Ditengah Pandemi Covid-19 Bisnis Kapal Tangker Tangguh

Leonardo mengatakan, selama pandemi, masyarakat memang disarankan meminimalkan kunjungan ke tempat umum, termasuk rumah sakit jika kondisi tidak mendesak.

Namun di samping mengkhawatirkan risiko penularan Covid-19, masyarakat juga hendaknya memedulikan kondisi kesehatan lainnya terutama bagi penderita penyakit jantung yang perlu kontrol rutin.

Dan, bagi mereka yang merasakan gejala yang diduga karena masalah jantung, disarankan juga segera memeriksa kondisi sebelum bertambah buruk. "Seseorang yang berisiko tinggi sebaiknya juga terus melakukan evaluasi berkala sesuai waktu yang ditentukan," ujarnya.

Jika terjadi ketidakstabilan kondisi jantung, maka terapi optimal tetap harus dilakukan sesuai rekomendasi, baik berupa perawatan intensif di rumah sakit maupun menjalani berbagai prosedur penting seperti kateterisasi jantung dan intervensi koroner, serta operasi bedah jantung sesuai dengan kondisi yang ada.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Universal BPR Luncurkan Deposito Peduli

Dokter Leonardo mengatakan, jika masih terdapat kekhawatiran untuk ke rumah sakit, saat ini Siloam Hospitals Kebon Jeruk telah dilengkapi dengan layanan telekonsultasi dan home care yang dapat menjadi solusi ideal di tengah pandemi.

"Untuk menggunakan layanan telekonsultasi Siloam Hospitals, pasien dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Aido Health," katanya.

Setelah memilih rumah sakit lanjut dia, jadwal konsultasi yang tersedia, dan melakukan pembayaran, pasien dapat memeriksa kotak masuk di email untuk mendapatkan tautan meeting dan password Zoom yang akan digunakan untuk video call.

Pada hari dan jam konsultasi yang sudah dijadwalkan, pasien dapat mengakses tautan meeting yang diberikan untuk memulai konsultasi dengan dokter sekitar 20 menit. Metode ini praktis dan nyaman untuk digunakan, serta efektif khususnya bagi pasien-pasien yang kontrol rutin untuk masalah kronik jantung dan pembuluh darahnya.

Baca juga : Sandi: Di Tengah Pandemi, Jaga Ketahanan Pangan dari Rumah

Selain telekonsultasi, Siloam Hospitals juga menyediakan layanan home care yang memungkinkan pasien mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan profesional Siloam Hospitals yang berkualifikasi di rumah secara nyaman.

"Layanan home care memungkinkan pasien untuk memanggil jasa dokter, perawat, fisioterapis, dan rehabilitasi medik ke rumah sesuai dengan tindakan medis yang dibutuhkan, antara lain perawatan luka, fisioterapi, pelayanan paliatif untuk penyakit kanker, hingga skrining Covid-19" tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.