Dark/Light Mode

Kontrak Habis, 190 TKA China Dipulangkan

Jumat, 22 Mei 2020 09:53 WIB
Pemulangan TKA China yang habis kontrak kerjanya. (Foto: ist)
Pemulangan TKA China yang habis kontrak kerjanya. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - 190 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dipulangkan ke negaranya karena masa kontrak kerjanya sudah habis. Pemulangan dilakukan dua kloter.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arvin Gumilang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (22/5).

Baca juga : Top, Pengaruh China Di Eropa Kalahkan AS

Kloter pertama diterbangkan Rabu (20/5) lalu. Pada kloter pertama ada 141 TKA China yang dipulangkan dengan pesawat carter Cambodia Airways pada hari Rabu (20/5). Sementara kloter kedua yang berjumlah 49 TKA China akan dipulangkan hari ini, Jumat (22/5). Pemulangan menggunakan pesawat yang sama.

Menurut Arvin, para TKA China dipulangkan melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Pemulangan mereka diawasi langsung oleh Kantor Imigrasi Kelas I Palembang.

Baca juga : Minyak Serai Wangi RI Diminati Dunia

Menurutnya, berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), mereka dipulangkan dalam keadaan sehat dan tidak reaktif terhadap Covid-19.

Ditjen Imigrasi menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pemulangan mereka. Pada kloter pertama, para TKA terlebih dahulu menjalani pemeriksaan keimigrasian dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka juga menggunakan pakaian pelindung diri (APD) dengan lengkap.

Baca juga : Bebas Covid-19, 239 ABK AIDA Cruises Jerman Dipulangkan ke Indonesia

Dari hasil pemeriksaan keimigrasian, kata dia, tidak ditemukan adanya pelanggaran apa pun. Dalam hal ini, perusahaan selaku sponsor telah bertanggung jawab atas keberadaan TKA tersebut, mulai dari kedatangan, saat bekerja, hingga kepulangan ke negaranya.

“Pada waktu proses kepulangan TKA, dilakukan pengawasan dan pengawalan oleh pihak kepolisian, disnaker, imigrasi, dan KKP," tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.