Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahfud MD: Kalau Terpaksa Halal Bi Halal Dengan Keluarga Inti Saja

Sabtu, 23 Mei 2020 15:06 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali mengimbau umat Islam di Indonesia melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah di rumah masing-masing. Tidak di masjid atau lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya saat tak ada pandemi.


"Dalam suasana pandemi Covid-19 ini, mari kita laksanakan sholat Id dan berhalal bihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud melalui sebuah video di Jakarta, Jumat (22/5).

Baca juga : Supriansa: Kartu Prakerja Solusi Bagi Pencari Kerja

Disebutkan Mahfud, seruan untuk Salat Id di rumah sudah dilakukan oleh ormas Islam lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU). 

Anjuran Salat Id di rumah juga tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Arab Saudi dan negara lain.

Baca juga : MUI Imbau Usai Salat Idul Fitri Tak Ada Jabat Tangan & Anjangsana

"Masjid suci yang ada di Makkah dan Madinah, yaitu Masjidil Haram dan Nabawi, juga ditutup demi menyelamatkam kaum Muslimin dari penularan Covid-19," tuturnya.

Oleh karena itu, meski Salat Id dilakukan di rumah, halal bi halal dibatasi karena pandemi, namun Idul Fitri tetap akan bermakna bagi siapapun saja yang menjalaninya dengan ikhlas.

Baca juga : Ramadhan di Amerika Kala Covid-19, Bikin Makin Dekat Dengan Keluarga

"Halal bihalal tidak harus berkerumun, tetapi juga bisa melalui virtual atau kalau harus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja, membatasi waktu dan tetap jaga jarak," imbau Mahfud. [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.