Dark/Light Mode

Jamaahnya Hanya 10 Orang, Jaraknya 2 M

Shalat Ied di BNPB Bersama Ketua Gugus Covid Doni Monardo, Tetap Khusyu di Tengah Pandemi

Minggu, 24 Mei 2020 08:40 WIB
Ketua Gugus Tugas BNPB Doni Monardo, menyimak khotbah Idul Fitri, Minggu (24/5). (Foto: BNPB)
Ketua Gugus Tugas BNPB Doni Monardo, menyimak khotbah Idul Fitri, Minggu (24/5). (Foto: BNPB)

 Sebelumnya 
Jamaah bersama-sama memanjatkan doa. Bermunajat dari ketinggian 75 meter dari permukaan tanah. Berharap virus corona segera sirna.

Kehidupan Normal Baru

Baca juga : Bocah 1 Tahun Jadi Korban Virus Corona, Total Kasus di Singapura Kini 77

Sholat Idul Fitri “kategori kecil-kecilan” pun berlangsung dengan bobot dan kekhidmatan yang dalam. Terlebih, panitia Karo Umum BNPB Andi Eviana menghadirkan khatib Dr. H. Nadjamuddin Ramly, M.Si, Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia. Nadjamudin yang juga pengajar di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah itu membawakan topik aktual dalam khotbahnya: “Kehidupan Normal Baru dalam menggapai Keridhaan Allah Subhanahu Wata’ala”.

“Saat ini Allah Jallajalalu menguji ummatnya dengan wabah pandemik yang sangat berbahaya dan mematikan (Virus Corona Disease 2019/Covid-19), sebagaimana FirmanNya dalam Surah AlBaqarah pada ayat 155-156,” ujar Nadjamudin.

Baca juga : Di Malam Takbiran, Samarinda Dikepung Banjir

Ke depan, kita harus memulai Kehidupan Normal Baru dengan membudayakan Protokol Kesehatan sebagai karakter pribadi. Dari karakter pribadi, nantinya bergulir menjadi Gerakan Budaya Baru di kalangan ummat Islam dan bangsa Indonesia.

Gerakan Budaya Baru ini akan bermuara pada lahirnya peradaban tinggi, di mana umat manusia sudah hidup pada tatanan yang melekat pada kehidupan sehat dan merekonstruksi masa depannya secara sistemik dan berkelanjutan.

Baca juga : YRKB Sumbang Hand Sanitizer dan Tisu Basah untuk Polresta Jakarta Utara

“Protokol kesehatan ini adalah gagasan cerdas, bernas dan mencerahkan dalam menghadap wabah virus Corona,” tambahnya.

Tak lupa, Nadjamudin menyitir jargon “4 Sehat 5 Sempurna Baru” versi masa kini. Pola hidup sehat di era pandemi ini juga diharapkan menjadi tradisi yang melekat di kehidupan pasca pandemi nanti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.