Dark/Light Mode

Bikin Adem, Video Suster Katolik Nyanyi Lagu Lebaran

Senin, 25 Mei 2020 07:02 WIB
Susteran PBHK Kramat, Jakarta Pusat yang menyanyikan lagu Lebaran: Suster Eufrasi, Dorothea, dan Vincentine. (Foto: Twitter)
Susteran PBHK Kramat, Jakarta Pusat yang menyanyikan lagu Lebaran: Suster Eufrasi, Dorothea, dan Vincentine. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momentum Hari Raya Idul Fitri tak hanya dirayakan oleh umat Islam. Hari kemenangan umat Islam ini juga dimeriahkan oleh umat Katolik. Salah satunya, oleh tiga suster Katolik yang memberi penghormatan dengan menyanyikan lagu Lebaran untuk umat Islam.

Video ketiga suster Katolik menyanyikan lagu berjudul "Hari Lebaran", karya komponis sekaligus pahlawan nasional Ismail Marzuki ini pun viral di media sosial dua hari ini. Video berdurasi 2:09 detik ini berseliweran di lini masa Twitter.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, salah satu yang mengawali memviralkan video yang bikin adem ini. Ganjar memberi pujian melalui akun Twiternya @ganjarpranowo. Ganjar memuji suara tiga suster tersebut. 

Baca Juga : Cegah Pedagang Berkerumun, Satpol PP Jakbar Intensifkan Patroli di Kota Tua

"Suaranya baguuuuus, makasih ya" kicau Ganjar memberi emoticon bendera Indonesia dan tanda cinta.

Kicauan Ganjar langsung diserbu pujian warganet. Sudah 13 ribu netizen yang menyukai dan ribuan lainnya me-retweet dan mengomentari. Ada 177 ribu netizen yang nonton video yang dibagikan Ganjar.

"Karena perbedaan tidak membatasi untuk menghasilkan harmoni yang indah," kicau @RAbimantara senada dengan @nandayudanto. "Keren pak.. ini yang dibutuhkan Indonesia saling toleransi dan menghargai. Tidak gontok-gontokan antar agama. Rasanya adem ayem kalau semua bisa saling meghargai tidak memandang suku agama dan ras."

Baca Juga : Jalankan Instruksi Shin Tae-Yong, Sandi Arta Jaga Asupan Saat Lebaran

"Terima kasih ibu-ibu suster atas lagu lebarannya. Minal aidin wal faidzin. Maafkan lahir dan batin. Akan selalu kita kenang," kicau akun @PakarLogika senada dengan cuitan pujian ribuan warganet lainnya.

Berdasarkan penelusuran, ketiga suster tersebut adalah anggota Kongregasi Suster Putri Bunda Hati Kudus (PBHK) yang tinggal di Susteran PBHK, Kramat, Jakarta Pusat. Mereka adalah Suster Eufrasi, Suster Dorothea, dan Suster Vincentine.

Suster Eufrasie mengaku, video tersebut dibuat pada 19 Mei 2020 di kapel susteran PBHK.

Baca Juga : Pertengahan Juni, Lufthansa Pulihkan 20 Penerbangan

"Awalnya ide itu dari anak-anak muda di gereja yang koor menyanyikan lagu untuk mengucapkan selamat Idul Fitri kepada rekan-rekannya. Kami juga berniat menyampaikan salam kepada para mitra kerja, karyawan, dan sejawat yang ada di sekitar. Karena kita tidak bisa bersilaturahmi langsung, maka idenya adalah lewat nyanyian yang direkam di video," terang dia.

Tak hanya itu, video bernada serupa dari Susteran yang berbeda pun diunggah oleh banyak akun Twitter. Salah satunya oleh @KatolikG.

"Suster-suster di Jember bernyanyi dan menari ikut bersuka cita merayakan dan mengucapkan Idul Fitri," cuitnya. [FAQ]