Dark/Light Mode

Jika Jumlah Kasus Covid-19 Tak Turun

Belajar Di Sekolah Sangat Berbahaya Bagi Peserta Didik

Senin, 25 Mei 2020 10:54 WIB
ilustrasi masuk sekolah ajaran baru.
ilustrasi masuk sekolah ajaran baru.

 Sebelumnya 
Namun, apabila pemerintah benar-benar mempertimbangkan untuk membuka sekolah pada bulan Juli kelak, aspek kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengkaji tiga alternatif dalam membuka sekolah.

Yang pertama adalah membuka sebagian sekolah dan memperbolehkan semua siswa yang bersangkutan masuk ke sekolah dan yang kedua adalah membuka sebagian sekolah dan hanya memperbolehkan sebagian siswa untuk masuk ke sekolah.

Sementara itu yang ketiga adalah membuka semua sekolah dan hanya sebagian siswa yang diperbolehkan masuk sekolah.

Baca juga : Tekan Penyebaran Covid-19, Karyawan Bhinneka Life Berikan APD Untuk Tenaga Medis

Terlepas dari adanya tiga alternatif tersebut, protokol pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah pada masa pandemic Covid-19 wajib dirancang untuk menjamin keselamatan semua pihak.

Belajar Dari Jepang

Belajar dari negara Jepang yang telah membuka sekolah, Kementerian Kesehatan Jepang mengharuskan sekolah-sekolah untuk membuka ventilasi, menjaga physical distancing, mengecek suhu badan siswa dan guru setiap hari, serta mewajibkan penggunaan masker.

Baca juga : 6 Pasien Covid-19 Sembuh, Tenaga Medis Sambut dengan Berbaris

Apabila pemerintah ingin membuka sekolah, lanjut Nadia, akses terhadap peralatan kebersihan dan kesehatan seperti masker, sabun, disinfektan, atau hand sanitizer harus dipermudah.

Selain memberikan bantuan kepada sekolah, pemerintah juga dapat memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk menggunakan dana BOS dalam upaya memperlancar kegiatan belajar mengajar di tengah Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar juga wajib mengikuti prinsip physical distancing di area sekolah.

Baca juga : Saatnya Beribadah Di Rumah, Bukan Untuk Berbagi Penyakit

Peserta didik diharapkan tidak boleh berkumpul dalam jumlah besar untuk menghindari penyebaran Covid-19. Selain itu, para tenaga pendidik dan orang tua juga wajib diedukasi untuk selalu menaati protokol yang telah ditetapkan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.