Dark/Light Mode

Empat Orang Dinyatakan Positif Covid-19, Pemkot Bandung Tutup 3 Pasar

Selasa, 9 Juni 2020 11:05 WIB
Ilustrasi pasar di Pemkot Bandung
Ilustrasi pasar di Pemkot Bandung

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Bandung menutup sementara tiga pasar di Kota Bandung per Senin, (8/6/2020). Tiga pasar ini ditutup lantaran ada empat pedagang pasar yang diketahui terpapar Virus Covid-19.

Ketiga pasar itu adalah Pasar Leuwi Panjang, Pasar Haurpancuh, dan Pasar Sadang Serang.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan penutupan tiga pasar tersebut setelah ditemukan empat orang pedagang di tiga pasar tersebut terindikasi positif covid-19.

Baca juga : Sterling : Rasisme Seperti Covid-19 Yang Harus Dilawan

Oded mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil dari rapid test hingga swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan pemkot selama fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Totalnya ada empat yang positif. Di Pasar Haurpancuh satu orang, kemudian di Pasar Leuwi Panjang dua orang dan di Pasar Sadang Serang satu orang," kata Oded di Balai Kota Bandung, Senin, (8/6/2020).

Imbas dari temuan empat orang positif, Dinas Kesehatan Kota Bandung turut melakukan test kepada seluruh pedagang yang ada di tiga pasar yang dilakukan penutupan tersebut. Pasalnya, ditakutkan virus akan menyebarluas ke pedagang lainnya.

Baca juga : Spurs Panik, Seorang Pemainnya Positif Corona

Empat pedagang tersebut, kata dia, kini telah ditangani oleh nakes (tenaga kesehatan) untuk ditindaklanjuti untuk kemudian diisolasi.

"Kita langsung lakukan isolasi mandiri kepada empat pedagang itu, supaya tidak menyebar kemana-mana," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita, selain melakukan swab rest kepada pada pedagang di tiga pasar tersebut, Dinkes juga melakukan rapid test dan swab tes kepada 1.044 pedagang di 43 pasar.

Baca juga : Peran Jaksa Agung Selamatkan Anggaran Covid-19 Sudah Terasa

"Dari hasil itu, ada 45 pedagang yang reaktif, dari 45 yang reaktif itu ditindaklanjuti dengan swab test," kata Rita. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.