Dark/Light Mode

Patra Jasa Selesaikan Pembangunan RSPP Extension Covid-19 Tepat Waktu

Kamis, 21 Mei 2020 18:20 WIB
Ilustrasi RSPP Extension Covid-19. (Foto: Patra Jasa)
Ilustrasi RSPP Extension Covid-19. (Foto: Patra Jasa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melakukan alih-fungsi Hotel Patra Comfort Jakarta menjadi RS Darurat Covid-19 yang sudah mulai beroperasi sejak 12 April 2020.

Patra Jasa kembali menerima penugasan dari Induk Perusahaan, PT Pertamina (Persero) untuk mendayagunakan aset Pertamina dalam rangka mempersiapkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan dalam penanganan tanggap darurat Covid-19.

Patra Jasa mulai membangun Rumah Sakit dilahan sebesar 10,200 meter persegi di Lapangan Bola Simprug, Jakarta Selatan sejak 21 April 2020. Rumah Sakit ini merupakan extension dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Rumah Sakit dibangun dengan menggunakan bahan atau material yang mudah dipasang yaitu modular yang diproduksi di Indonesia.

Baca juga : PLN Selesaikan 16.509 Aduan Pelanggan Soal Tagihan Listrik

Direktur Utama PT Patra Jasa Dani Andriananta mengatakan,  berkat kerja sama yang luar biasa dari seluruh pihak yang terlibat, RSPP Extension Covid-19 telah selesai dibangun tepat waktu, tanggal 20 Mei 2020, sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Induk Perusahaan kami (1 bulan).

Penyelesaian Pembangunan RSPP Extension Covid-19 merupakan prioritas utama sekaligus komitmen kami sebagai anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), yang mendukung penuh upaya Pemerintah Indonesia memerangi Covid-19”.

Direktur Teknik PT Patra Jasa, Ferry Febrianto menambahkan, Karena waktu yang diberikan kepada kami cukup singkat, yaitu hanya 1 bulan, pihaknya memutuskan membangun RS ini dengan konsep prefabricated-construction, yaitu menggunakan modular-system.

Baca juga : Badan POM-RI Dukung Percepatan Pengujian Spesimen Covid-19

Fasilitas-fasilitas kesehatan lain dibangun untuk dapat memberikan layanan yang prima, antara lain ruang dokter, ruang perawat, nurse station, instalasi jenazah, instalasi sterilisasi, laboratorium (PCR, Hematologi dan AGD), instalasi farmasi, pusat gizi, instalasi screening, ruang radiologi, dan yang lainnya.

Dengan selesainya pembangunan Rumah Sakit ini, secara pararel langsung dilakukan persiapan pemasangan alat-alat kesehatan serta persiapan tenaga medis.

Rencananya beberapa hari ke depan akan dilakukan uji fungsi peralatan sehingga rumah sakit dapat segera beroperasi di awal bulan Juni.

Baca juga : Tak Terapkan PSBB, Kota Semarang Sukses Landaikan Kasus Covid-19

Seluruh kegiatan pembangunan dan penyediaan alat kesehatan berada dalam pengawasan Pertamedika IHC. Demikian pula pengadaan fasilitas kesehatan dan peralatan medis lainnya, termasuk penyediaan tenaga medis dan non medis, dilaksanakan oleh Pertamedika IHC.

“Semoga sinergi yang kami lakukan antar Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam menyediakan sarana prasarana penanganan tanggap darurat Covid-19 ini, dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan kesehatan khusus Covid-19”, pungkas Dani.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.