Dark/Light Mode

Edukasi Masyarakat Soal Covid-19 Pakai Bahasa Daerah, Kapolda Aceh Dipuji Letjen Doni

Kamis, 11 Juni 2020 19:08 WIB
Irjen Wahyu Widada (Foto: Istimewa)
Irjen Wahyu Widada (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada memberikan edukasi terkait bahaya Covid-19 menggunakan bahasa daerah. Video saat Irjen Wahyu memberikan edukasi ini viral di media sosial. Irjen Wahyu pun mendapatkan apresiasi dari Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Letjen Doni Monardo.

Wahyu mengatakan, sengaja menggunakan Bahasa Aceh. Tujuannya, bukan hanya untuk mengedukasi masyarakat, tetapi juga memberikan semangat dan motivas ke anggotanya. "Saya memilih menggunakan bahasa Aceh adalah sebagai bentuk penghormatan, apresiasi, dan kebanggaan saya kepada budaya lokal. Secara pribadi, saya senang belajar bahasa dan untuk lebih memahami budaya lokal," kata Wahyu, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6).

Baca juga : Koppas Cempaka Putih Dapat Restrukturisasi Kredit Dari Kemenkop Dan LPDB

Selain itu, dia menilai, dengan menggunakan bahasa masyarakat sehari-hari, dapat mempercepat pesan diterima serta dipahami masyarakat. Walaupu, Wahyu mengakui, masih ada beberapa kata yang salah dalam pengucapannya. "Saya menitipkan pesan bahwa jangan pernah menjadi polisi yang menyakiti masyarakat tapi jadilah polisi yang memberikan contoh keteladanan yang baik kepada masyarakat serta selalu bekerja dengan dan dari hati," ujarnya.

Doni mengapresiasi cara Wahyu yang telah memberi imbauan terkait kiat mencegah Covid-19 dalam Bahasa Aceh. Dalam video yang beredar, Wahyu menyampaikan dalam Bahasa Aceh agar warga mematuhi protokol kesehatan. "Saya sudah lihat video tersebut. Bagus. Seharusnya semua pimpinan bisa beradaptasi dengan adat budaya dan bahasa setempat," katanya.

Baca juga : Bea Balik Nama Kendaraan Diusulkan Digratisin Aja

Doni, yang pernah tinggal di Peuniti, Banda Aceh ini berharap dengan imbauan dalam Bahasa Aceh, masyarakat bisa lebih muda memahamimya. "Saya apresiasi cara Kapolda Aceh mengimbau warga mencegah Covid-19," pungkasnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.