Dark/Light Mode

Presiden Minta Bantuan Disiplinkan Warga, TNI Siap

Minggu, 14 Juni 2020 15:12 WIB
Presiden Joko Widodo ditemani tiga kepala staf angkatan TNI, berolahraga di area Istana Kepresidenan, Bogor, Minggu (14/6). (Foto : twitter@jokowi)
Presiden Joko Widodo ditemani tiga kepala staf angkatan TNI, berolahraga di area Istana Kepresidenan, Bogor, Minggu (14/6). (Foto : twitter@jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi pagi berolahraga di area Istana Kepresidenan Bogor. Dia tak sendirian, tetapi didampingi tiga kepala staf angkatan TNI; Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

"Pagi hari ini saya mengajak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) untuk lari pagi karena kesehatan itu sekarang ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap sehat," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (14/6).

Keempatnya berjalan santai mengelilingi Kebun Raya Bogor sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi. Mereka juga tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.

Baca juga : Mentan Panen Padi Dan Serahkan Bantuan Di Cilacap

Setelah berolahraga selama kurang-lebih 30 menit, Jokowi beserta kepala staf TNI kembali ke Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor. Mereka berbincang di beranda Istana.

Pada kesempatan itu, Presiden berpesan agar TNI tetap membantu dalam upaya pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan dalam pandemi Covid-19. Jokowi berharap masyarakat bisa tetap produktif dan aman dari penularan virus Corona.

"Terus mendisiplinkan masyarakat agar taat kepada protokol kesehatan yang berkaitan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan orang banyak. Saya kira itu yang terus-menerus harus kita sampaikan pada masyarakat," tutur Jokowi.

Baca juga : Presiden Burundi Digosipin Wafat Karena Corona

Selain itu, Jokowi juga berterima kasih atas peran TNI dalam proses evakuasi WNI yang berada di luar negeri. "Saya kira bulan-bulan Januari dan Februari yang lalu, TNI juga membantu dalam rangka evakuasi masyarakat kita yang ada di Wuhan, Jepang, dan beberapa evakuasi ABK kita untuk kembali ke Tanah Air. Ini yang tadi pagi saya sampaikan," kata eks walikota Solo ini.

Ketiga Kepala Staf ini menyatakan siap mendukung pemerintah dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi virus Corona.

"Tentunya TNI Angkatan Laut akan tetap membantu percepatan penanganan Covid-19 ini. Sekarang pada tahap untuk pendisiplinan masyarakat tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat," ujar KSAL Laksamana Yudo Margono.

Baca juga : PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Covid di Tangerang

Pernyataan senada disampaikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Selain pendisiplinan warga, kata Fadjar, TNI AU mengirimkan peralatan kesehatan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Untuk TNI Angkatan Udara kami tetap siap untuk mendukung dan kami seperti contohnya kita melaksanakan pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air yang di mana ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara," tegasnya.

Ini kedua kalinya Presiden terlihat berolahraga di Istana Bogor. Pada Minggu (7/6) lalu, Jokowi juga melakukannya. Saat itu, dia didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.