Dark/Light Mode

Bantu Penuhi Stok PMI

Karyawan PLN Kalbar Ikut Donor Darah

Sabtu, 20 Juni 2020 15:28 WIB
Ratusan Karyawan PLN Kalbar dan Pekerja PLN Group se-Kalimantan Barat mengikuti kegiatan donor darah secara serentak di kantor wilayah dan UP3. (Dok : Humas PLN)
Ratusan Karyawan PLN Kalbar dan Pekerja PLN Group se-Kalimantan Barat mengikuti kegiatan donor darah secara serentak di kantor wilayah dan UP3. (Dok : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan Karyawan PLN Kalbar dan Pekerja PLN Group se-Kalimantan Barat mengikuti kegiatan donor darah yang digelar serentak di Kantor Wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Kalimantan Barat, Kamis (18/6/2020).

Kegiatan donor darah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Jajaran Manajemen dilingkungan PLN Kalbar beserta seluruh peserta terlihat saling menjaga jarak sehingga tidak berkerumun.

Mereka menggunakan masker dan dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan. Para petugas PMI juga tampak mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Seluruh ruangan hingga peralatan yang akan dipakai dibersihkan dan disemprot dengan cairan disinfektan untuk memastikan semuanya steril dan aman bagi peserta donor darah.

Baca juga : Soal Kartu Prakerja, Gus Jazil Sarankan Pemerintah Ikuti Saran KPK

Senior Manajer Perencanaan, Novalince Pamuso mewakili GM PLN Kalbar, saat pembukaan melalui virtual zoom mengatakan bahwa dimasa pandemi ini, sterilisasi donor darah diperlukan guna memastikan individu ataupun masyarakat memiliki akses ke produk darah yang aman dan berkualitas sehingga dapat menyelamatkan jiwa warga yang membutuhkan.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia ini merupakan wujud kepedulian PLN Kalbar dalam membantu dan menjaga kebutuhan stok darah selama pandemi Covid-19.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, pihaknya ingin membantu PMI Kota dan Kabupaten dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sementara menurut Kasie P2D2S Unit Donor Darah PMI Kota Pontianak, Rini Pujiastuti, masyarakat yang membutuhkan darah cukup banyak sedangkan dimasa pandemi seperti sekarang ini jumlah pendonor darah menurun.

Baca juga : Mardani Sebut Kebijakan Melonggarkan PSBB Nyusahin Kepala Daerah

“Kami mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PLN Kalbar. Kegiatan donor darah ini pastinya akan menambah stok persediaan darah di PMI Kota Pontianak dan PMI kabupaten. Atas nama PMI kami mengucapkan terima kasih kepada PLN Kalbar atas bantuan yang telah diberikan,” kata Rini.

Senada, Vinilia (22) salah seorang Karyawan peserta donor darah mengaku sangat senang ikut dalam kegiatan ini.

Menurutnya, dimasa pandemi Covid-19 tentunya banyak sekali orang yang membutuhkan darah.

“Saya sangat senang berkesempatan menolong orang yang membutuhkan darah melalui kegiatan ini. Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, donor darah tentunya sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar,” pungkas Vinilia.

Baca juga : Soal Kelanjutan Serie A, Ilmuwan Jangan Ikut Campur Deh!

Hingga acara selesai digelar, ada 153 orang Karyawan yang sudah mendonorkan darahnya. Melihat antusiasme karyawan cukup tinggi, PLN Kalbar akan melaksanakan kegiatan serupa dilain waktu. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.