Dark/Light Mode

Kedatangan Ratusan Buruh China Didemo Warga

Pak Luhut, Gimana Ini?

Kamis, 25 Juni 2020 07:25 WIB
Demontrasi penolakan terhadap kedatangan 500 orang tenaga kerja asing (TKA) di Sulawesi Tenggara, kemarin. (Foto: Antara)
Demontrasi penolakan terhadap kedatangan 500 orang tenaga kerja asing (TKA) di Sulawesi Tenggara, kemarin. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Para buruh China sendiri sudah tiba di bandara Haluoleo Kendari pukul 20.30 WITA dengan menumpang pesawat Lion Air yang disewa. Ada 152 buruh China yang tiba, plus empat orang tenaga medis. 152 warga China itu merupakan rombongan pertama dari 500 TKA yang akan bekerja di Kawasan industri Pertambangan Morosi, Konawe, Sultra.

Setelah keluar dari Bandara Haluoleo, para TKA langsung diberangkatkan menuju ke PT Virtue Dragon Nikel Industrie (VDNI) Morosi, Kabupaten Konawe dengan menggunakan beberapa mobil minibus. PT VDNI mengklaim bakal mempekerjakan mereka sebagai tenaga ahli.

Baca juga : Omongan Waketum Gerindra Dianggap Menyakitkan Hati

Demo ini ramai dibahas netizen di Twitter. Kebanyakan cuitannya, mengarah ke Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. mereka menuding Luhut yang paling ngotot mempekerjakan para TKA China itu. Menurut Luhut saat rapat dengan banggar DPR Senin lalu, hal itu demi menjaga keakraban dengan investor China.

Akun @rifqibagus penasaran dengan sikap luhut setelah demo itu. “Suasana panas, dan bisa semakin panas. Gimana nih pak Luhut?” tanya dia. Akun @qolbunkhoir memperkirakan, Luhut akan marah besar. “Hat-ihati, LBP akan marah besar dengan kejadian ini. Karena dia merasa negara ini milik neneknya,” cuit nya. “LBP paling bertanggung jawab,” sambar @S4LIR4.

Baca juga : Indra Sjafri Ingatkan Shin Tae-Yong soal Tugas Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Tetapi ada juga yang membela Luhut. Beberapa netizen ini menyoroti kehadiran Sudirman dalam demo itu. “Kehadiran anggota DPRD dari PKS dalam demonstrasi sdh cukup menggambarkan siapa di balik ini semua. Paham kan?” cuit @andy_nomicin.

Akun @triwul82 menyatakan, ada provokator dalam aksi itu. Soalnya, para warga sekitar tambang yang akan mempekerjakan para buruh China itu menyambut baik kedatangan mereka.

Baca juga : China Bisa Dikeroyok AS, Jepang dan India

Sementara akun @asong66 mempertanyakan para pendemo yang nekat berkumpul di tengah pandemi Covid19. “Di tengah Pandemi begini masih ada saja demo penolakan Tenaga Kerja ahli dari China di Kendari beberapa hari ini. Physical Distancing tidak diindahkan malah bikin demonstrasi, maunya apa sih orang-orang tuh,” komentarnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.