Dark/Light Mode

Ridwan Kamil Minta Warganya Tak Usah Ke Jakarta

Siapin Lapangan Kerja Pak, Jadi Nggak Perlu Merantau Cari Duit

Sabtu, 27 Juni 2020 06:20 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Humas Pemprov Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warganya tidak bekerja di Jakarta.

Dalam acara MarkPlus Government Roundtable secara virtual, Kamis (25/6), Ridwan Kamil mengajak warganya tinggal dan berproduksi di desa-desa. Berproduksi di desa, menurutnya, bisa memutus rantai penyebaran virus corona.

“Kita lagi kampanye, udahlah jangan ngantor di Jakarta lagi. Ngantornya di Jawa Barat saja. Jauh dari penyakit, lahannya indah bisa produktif,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Baca juga : Pekerja Migran Pulang Kampung, Gus Jazil Minta Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja

Dia menyebut, tinggal di desa bisa tetap mendapatkan penghasilan seperti di kota. Semuanya sudah terhubung dengan digital. Terlebih di Jawa Barat memiliki kekayaan teknologi, alam, pariwisata dan agrikultur.

“Covid-19 ini mengajarkan kita tetap produktif, tapi menjauhi kerumunan dan keterpusatan yang selama ini jadi rezim ekonomi kita,” kata dia.

Omongan Ridwan Kamil ditanggapi pro dan kontra oleh netizen. Ahmed berharap imbauan gubernur dipatuhi warganya. “Mudah-mudahan semua warga Jabar mengikuti imbauan gubernurnya,” harap dia. “Halo Warga Bekasi, Depok dan Bogor,” saut Ayiful.

Baca juga : Kapolres Jakarta Pusat Klaim Nggak Banyak Pelanggaran Di Car Free Day

“Benar kata Bang RK ini. Tinggalkan Jakarta, banyak virus di sana bisa bawa nulari semua warga Jabar. Mending di Jabar udah maju hi-tech,” tambah Gunawan Setiadi.

Fathur mendukung warga Jabar kembali ke desa dan menjadi petani. Petani dan nelayan adalah pondasi sebuah bangsa dan negara. Tanpa petani dan nelayan negara tidak berdaya.

“Petani tanpa uang, masih bisa makan walau seadanya. Tapi, orang kerja ada uang kalo gak ada petani ya gak bisa makan,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.