Dark/Light Mode

Sambut Hari Raya Idul Adha

Walikota Bandung Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan Saat Berkurban

Senin, 29 Juni 2020 20:15 WIB
Walikota Bandung Oded M. Danial
Walikota Bandung Oded M. Danial

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengingatkan semua warga Bandung tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan saat merayakan hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada Jum'at, (31/6/2020).

Protokol kesehatan ini harus dijalankan mulai pelaksaan shalat di masjid, pada saat prosesi penyembelihan hewan qurban hingga membagikan hewan qurban tersebut kepada warga.

"Saya mengimbau kepada semua warga Kota Bandung, DKM, tokoh masyarakat, dalam rangka Idul Adha, saat Salat Ied tetap harus dijaga protokol kesehatannya. Di masjid atau lapangan yang penting jaga jaraknya," imbuh Oded, Senin, (26/6/2020).

Baca juga : Bamsoet: Jangan Lagi Ada Toleransi bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

"Yang penting semangat berqurban jangan sampai hilang, tapi tetap dijaga protokol kesehatannya," katanya lagi.

Senada, Kepala Bagian Kesra Kota Bandung, Bambang Sukardi mengimbau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi harus lebih hati-hati, terutama kepada seluruh panitia qurban yang ada di DKM masing-masing.

"Harus berkomitmen menaati protokol kesehatan. Di antaranya menggunakan masker, itu wajib," katanya.

Baca juga : Ridwan Kamil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Di Pesantren

Selain itu kata dia, tempatnya juga harus clear dan bersih. Sebelumnya disemprot oleh disinfektan, peralatan yang digunakan panitia dibawa masing-masing dan sudah bersih, sebelum maupun sesudah digunakan.

Menurutnya, untuk kepanitiaan Idul Adha pun tidak perlu terlalu banyak. Gunakan tenaga professional untuk yang memotong.

"Dalam pelaksanaan pembagian hewan kurban, perlu diantisipasi juga agar tidak ada kerumunan," pinta Bambang. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.