Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Suap Proyek PLTU Riau-1

Dirut PLN Sofyan Basir Pernah Larang Kotjo Ikut Tender

Selasa, 19 Februari 2019 19:00 WIB
Direktur Utama PLN Sofyan Basir (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Direktur Utama PLN Sofyan Basir (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PLN Sofyan Basir disebut pernah melarang pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo untuk ikut tender proyek pembangkit listrik yang diinisiasi pemerintah.

Hal itu disampaikan Kotjo saat bersaksi untuk terdakwa Idrus Marham, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (19/2). Kotjo sebetulnya ingin mengikuti tender dalam proyek PLTU Riau-1. Sebab, proses tender tidak sesulit dengan sistem 51 persen penguasaan anak perusahaan PLN. Lagipula, Kotjo yakin, anak perusahaan PT Blackgold Natural Resources, PT Samantaka yang akan terpilih. Sebab, di daerah Riau, tambang PT Samantaka diklaimnya paling bagus.

Baca juga : Hukumannya Diperberat, Kotjo Pasrah

“Jadi, saya pede bakal terpilih. Karena di sana, nggak ada yang seperti PT Samantaka,” ujarnya. Namun, Sofyan melarangnya. “Tapi Pak Sofyan Basir bilang tidak usah. Pak Sofyan bilang, ‘kamu yang 51 persen saja’,” beber Kotjo menirukan perkataan Sofyan Basir saat itu.

Untuk itu, Kotjo mengaku beberapa kali melakukan pertemuan dengan Sofyan, guna membahas mekanisme dan negosiasi proyek PLTU Riau-1. Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih adalah orang yang memfasilitasi pertemuan dengan Sofyan. "Ibu Eni memfasilitasi saya untuk ketemu Sofyan,” sebut Kotjo.

Baca juga : Bos Borneo Lumbung Energi & Metal Samin Tan Jadi Tersangka

Dalam perkara ini, Idrus didakwa Jaksa KPK, bersama-sama dengan Eni Saragih menerima hadiah berupa uang dari pemilik Blackgold Natural Recourses Limited Johannes Budisutrisno Kotjo, senilai Rp 2,25 miliar untuk memuluskan upaya Blackgold mendapatkan proyek PLTU Riau-1. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.