Dark/Light Mode

Istri Bupati Kutai Timur Yang Terciduk OTT KPK, Jabat Ketua DPRD

Jumat, 3 Juli 2020 14:32 WIB
Istri Bupati Kutai Timur yang juga Ketua DPRD Kutai Timur, Encek UR Firgasih (Foto: Instagram)
Istri Bupati Kutai Timur yang juga Ketua DPRD Kutai Timur, Encek UR Firgasih (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Kutai Timur Ismunandar dicokok Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (2/7) malam.

Selain Ismunandar, tim komisi antirasuah juga turut mengamankan istrinya, Encek UR Firgasih.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut, Encek merupakan Ketua DPRD Kutai Timur. "Iya (Encek Firgasih Ketua DPRD Kutai Timur)," ujar Ali lewat pesan singkat, Jumat (3/7).

Baca juga : Bupati Kutai Timur Ismunandar Sudah Digelandang ke Gedung KPK

Encek dilantik sebagai Ketua DPRD di Sangatta, ibu kota Kutai Timur pada 10 September 2019.

Dia terpilih sebagai pimpinan DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hasil Pemilihan Legislatif 2019, partai berlambang Ka'bah tersebut menguasai kursi terbanyak di DPRD Kutai Timur, yakni 9 dari 45 kursi.

Sebelumnya, pada 2014, Encek sudah menduduki DPRD Kutai Timur dengan jabatan Wakil Ketua. Saat itu, suaminya yang merupakan penasihat Partai Nasdem, sudah menjadi Bupati Kutai Timur.

Baca juga : Bukan Cuma Gojek Yang Lakukan PHK, Startup Lain Juga

Tudingan dinasti politik pun menyeruak. Hal ini sempat dibantah Ismunandar. Ia mengatakan ada proses politik yang mengantarkannya menjadi bupati dan istrinya menjadi ketua DPRD. Dari sisi prosedur, Ismunandar mengklaim, tidak ada aturan yang yang dilanggar.

Ia memastikan tak mengintervensi apa pun, meskipun istrinya memimpin DPRD Kutim. Karena, keputusan DPRD bersifat kolektif kolegial.

"Nggak ada intervensi. Kebetulan istri saya terpilih sebagai ketua DPRD, saya bupati. Kami yakin jalankan tugas secara profesional," jelas Ismunandar kepada awak media pada medio Oktober 2019.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.