Dark/Light Mode

Reshuffle Cuma Gosip, Ahok Jadi Bahan Tebak-tebakan

Sabtu, 4 Juli 2020 04:48 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wacana bongkar pasang kabinet terus jadi isu liar. Di dunia maya sampai muncul gosip yang menyebut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal masuk kabinet. Benar atau tidak, hanya Presiden Jokowi dan Tuhan yang tahu. Yang pasti, kini Ahok jadi bahan tebak-tebakan.

Isu reshuffle terus menguat sejak video Jokowi marah-marah di sidang paripurna kabinet (18/6) viral. Namun, Jokowi sendiri belum mengatakan kepastian dilakukannya reshuffle. Termasuk siapa menteri yang akan ditendang dari kabinet.

Berita Terkait : Gaji Ahok Melebihi Presiden

Beberapa hari terkahir, media sosial diramaikan soal gosip Ahok bakal jadi menteri. Namun kabar tersebut langsung diluruskan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kementerian yang dikomandoi Johnny G Plate ini menegaskan, kabar tersebut hoaks.

Meskipun kabar Ahok masuk kabinet masih simpang siur, sejumlah politisi langsung bereaksi. "Terkait sosok Ahok, itu juga hak presiden. Namun, kalau kita lihat kinerjanya sebagai komisaris Pertamina, belum terasakan manfaatnya," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, kemarin. Awiek, sapaan akrabnya, mencontohkan kerja-kerja Ahok yang belum teruji di Pertamina. 

Berita Terkait : Reshuffle Menteri Yang Kinerjanya Tidak Memuaskan

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade berharap isu itu tak jadi kenyataan. Meski begitu, Andre menyerahkan keputusan soal reshuffle kepada Presiden yang memang memiliki hak prerogatif.

Di tempat terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurniasyah menilai rumor terkait Ahok akan selalu menarik karena libatkan sentimen agama. "Namun rumor akan tetap menjadi rumor, terlalu beresiko jika Ahok masuk kabinet. Jokowi akan kesulitan menghadapi gelombang protes sekaligus berdampak elektoral pada PDIP sebagai parpol pengusung," tukasnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca Juga : Menag: Saya Orangnya Slow, Sabar

Apa tanggapan Ahok soal rumor ini? "Tidak tahu," kata Ahok, Kamis (3/7). [UMM]