Dark/Light Mode

Vaksin Covid-19 Made In Indonesia Diprediksi Rilis Pertengahan 2021

Selasa, 7 Juli 2020 16:46 WIB
Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)
Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berbulan-bulan diserang pandemi Corona Covid-19, masyarakat dunia menunggu vaksin yang bisa mengakhiri wabah ini.

Sejumlah peneliti dari berbagai negara berlomba menciptakan vaksin. Sudah ada kandidat vaksin Covid-19 yang telah memasuki tahap uji coba pada manusia. Termasuk vaksin buatan Indoensia yang akan diproduksi massal dan diperkirakan tersedia tahun depan.

Baca juga : Sun Life Indonesia Perkenalkan Produk Terbaru

"Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemeterian Riset dan Teknologi Prof Ali Gufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021," ungkap tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam siaran langsung rutin BNPB, Selasa (7/7) sore.

Disebutkan dr Reisa, vaksin buatan Indonesia bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan. "Seluruh dunia saling bahu membahu untuk menunjukkan kekompakan melawan virus dan mengakhiri pandemi," sebutnya.

Baca juga : Hadapi Covid-19, Indonesia Dorong UNESCO Prioritaskan Sektor Pendidikan

Vaksin buatan loka ini, sudah melewati delapan tahap dari 15 tahap yang harus dipenuhi. Tujuh langkah berikutnya tengah dilakukan di mana prosesnya membutuhkan waktu lebih lama.

"Kita harus optimistus Indonesia bisa menghasilkan vaksin Covid-19 dalam waktu secepatnya," ungkap dr Reisa. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.