Dark/Light Mode

BMKG: Rentetan Gempa Hari Ini Tak Saling Berhubungan

Selasa, 7 Juli 2020 22:47 WIB
BMKG: Rentetan Gempa Hari Ini Tak Saling Berhubungan

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan, gempa yang terjadi secara beruntun pada hari ini, Selasa (7/7), tidak memiliki kaitan dengan gempa yang terjadi sebelumnya.

Sekadar catatan, hari ini ada empat gempa yang mengguncang wilayah nusantara. Pertama, gempa Laut Jawa berkekuatan M6.1 di utara Jepara, yang terjadi pada pukul 05.54.44 WIB. Kedua, gempa Selatan Banten M5.1 pada pukul 11.44.14 WIB. Ketiga, gempa Selatan Garut M 5.0 pada pukul 12.17.51 WIB. Keempat, gempa Selatan Selat Sunda M 5.2 pada 13.16.22 WIB.

Baca juga : Jepara Diguncang Gempa M6.1, Tak Berpotensi Tsunami

"Keempat gempa tersebut berada pada sumber gempa yang berbeda, kedalaman yang berbeda, dan memiliki mekanisme yang berbeda," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Selasa (7/7).

Dijelaskan, apa yang terjadi di beberapa wilayah gempa tersebut adalah manifestasi pelepasan medan tegangan pada sumber gempa masing-masing. Masing-masing sumber gempa mengalami akumulasi medan tegangan sendiri-sendiri. Mencapai stress maksimum sendiri-sendiri, hingga selanjutnya mengalami rilis energi sebagai gempa juga sendiri-sendiri.

Baca juga : Boven Digoel Digoyang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

"Ini konsekuensi logis daerah dengan sumber gempa sangat aktif dan kompleks. Kita memiliki banyak sumber gempa. Sehingga, jika terjadi gempa di tempat yang relatif berdekatan lokasinya, dan terjadi dalam waktu yang relatif berdekatan, maka itu hanya kebetulan," terang Rahmat.

Muncul pertanyaan, apakah rentetan gempa ini pertanda akan terjadi gempa besar? Soal ini, Rahmat mengaku sulit memprediksi. Namun, ia mengimbau masyarakat agar mewaspadai rentetan aktivitas gempa tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.