Dark/Light Mode

Kejagung Pamer Uang Sitaan Ratusan Miliar

KPK Harusnya Iri dan Malu

Rabu, 8 Juli 2020 07:03 WIB
Petugas Kejaksaan Agung menyusun uang sitaan Rp 97 M dan Rp 73,9 M, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (7/7). Uang Rp 97 M disita dari terpidana Honggo Wendratno dalam kasus penjualan kondensat di BP Migas, dan uang Rp 73,9 miliar terkait kasus Jiwasraya. (Foto: M Qori Haliana/RM)
Petugas Kejaksaan Agung menyusun uang sitaan Rp 97 M dan Rp 73,9 M, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (7/7). Uang Rp 97 M disita dari terpidana Honggo Wendratno dalam kasus penjualan kondensat di BP Migas, dan uang Rp 73,9 miliar terkait kasus Jiwasraya. (Foto: M Qori Haliana/RM)

 Sebelumnya 
Uang cashnya langsung disetor ke kas negara. Sedangkan untuk penyitaan kilang minyak, Kejagung masih menunggu hasil perhitungan nilai dari tim apraisal Kementerian Keuangan untuk mengetahui harga kilang minyak itu.

Sementara uang di meja lain sejumlah Rp 73,9 miliar adalah pengembalian dari PT Sinarmas Asset Manajemen SAM) dalam perkara Jiwasraya Gate. SAM merupakan salah satu dari 13 ter sangka korporasi dalam kasus korupsi tersebut.

Baca juga : Kemenperin Dukung Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Batang

Ali menuturkan, awalnya Sinarmas mengembalikan Rp 3 miliar. Kemudian melalui Dirutnya, Alex Setya wan, perusahaan itu mengembalikan uang Rp 73,93 miliar. “Sinarmas mengembalikan kerugian negara ini sesuai yang diperhi tungkan BPK. Ini sebagai bagian penyelesaian perkara dalam penyidikan Jiwasraya,” kata Ali.

Kerugian negara dalam perkara korupsi Asuransi Jiwasraya adalah Rp 16,81 triliun. Sementara total nilai aset yang telah disita tim penyidik mencapai Rp 18,4 triliun berupa tanah, mobil, uang dan saham. Prestasi Kejagung ini ditanggapi positif oleh warganet.

Baca juga : Heli Yang Dinaiki Ketua KPK Milik Anak Usaha Lippo

Kebanyakan warganet membandingkannya dengan KPK. “Ternyata Kejagung larinya bisa lebih kencang dari KPK,” cuit @ Lukmanharijant4. “Josshhh, keren nih kejaksaan,” sambung @dafid_f. Akun @Danu77787179 ikut memuji korps Adhyaksa.

“Good job. Ayo kejagung bergerak. KPK sekarang lembek ibarat sosis mentah,” kicau dia. “KPK harusnya malu dan iri nih liat Kejagung pamer uang sebanyak ituuuu,” cuit @asong66.

Baca juga : Pak Luhut, Gimana Ini?

“Dulu, pemberantasan korupsi digembar-gemborkan lewat festivalisasi penangkapan tersangka serta drama aliran uang kesana kemari, ke artis-artis, model, penyanyi, dll. Tapi pemulihan kerugian negara ga jelas ujung pangkalnya. Bravo @KejaksaanRI,” sambar @Kadrun_GL menyindir KPK.

“Halah, KPK cuma menang nama sama tangkapan aja, kepala daerah, DPR, menteri, orang-orang besar. Pengembalian kerugian negaranya mah kecil kali. Century yang “cuma” Rp 6,7 triliun aja ga tuntas,” komentar @ Rifqibagus. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.