Dark/Light Mode

Tarifnya Murah

Gubernur Sutarmidji Dorong Investor Maksimalkan Listrik PLN Di Kalbar

Kamis, 9 Juli 2020 19:21 WIB
Gubernur Kalbar Sutarmidji (kanan) saat menerima kunjungan silahturahim General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo, di Pendopo Gubernur Kalbar Jalan Ayani Pontianak, Rabu (8/7). (Dok. PLN Kalbar)
Gubernur Kalbar Sutarmidji (kanan) saat menerima kunjungan silahturahim General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo, di Pendopo Gubernur Kalbar Jalan Ayani Pontianak, Rabu (8/7). (Dok. PLN Kalbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan listrik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Untuk itu, masyarakat dihimbau menggunakan listrik secara bijak dan benar agar mendatangkan manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, saat menerima kunjungan silahturahim General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, di Pendopo Gubernur Kalbar jalan Ayani Pontianak, Rabu (8/7).

Baca juga : WMIP Siap Sambut Investor Migas Benamkan Modal Di Batam

Menurut Gubernur Kalbar, masih banyak warga desa yang mendambakan listrik. Sementara ada beberapa lokasi desa di Kalbar yang tidak bisa dialiri listrik PLN, untuk itu perlu dicarikan solusi alternatif, salah satunya adalah dengan memanfaatkan potensi hidro dan solar sel.

"Keberadaan listrik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Saya mengajak PLN dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kalbar untuk berkolaborasi dalam membangun perluasan jaringan listrik agar semakin banyak warga desa yang dapat segera menikmati listrik," kata Sutarmidji.

Baca juga : Tagihan Listrik Nyetrum Rakyat

Ditegaskan, kelebihan kapasitas energi listrik yang dimiliki PLN saat ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal, jangan sampai ada yang terbuang percuma. Untuk itu, pihaknya berupaya mendorong para investor memaksimalkan pemakaian listrik PLN dalam membangun dan mengembangkan usahanya.

"Karena biayanya pasti jauh lebih murah ketimbang membangkitkan listrik sendiri. Saya juga berharap PLN Kalbar dapat membuat terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan rasio desa berlistrik di Kalbar. Manfaatkan sumber daya alam di Kalbar, buat pembangkit listrik dimulut tambang untuk menekan biaya operasional, sehingga listrik dapat terjangkau oleh masyarakat," pungkas Sutarmidji.

Baca juga : Modal Asing Masuk Deras, Gubernur BI: Kepercayaan Investor Makin Baik

Sementara itu, General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan Gubernur guna mendukung percepatan pembangunan di Kalbar.

"Kami berharap keberadaan PLN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalbar, mendukung program pemerintah dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat," ungkap Ari. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.