Dark/Light Mode

Pemerintah Resmi Bentuk Lagi Dua Kawasan Ekonomi Khusus Di Batam

Sabtu, 11 Juli 2020 21:42 WIB
Ilustrasi pembangunan kawasan ekonomi khusus. Sidang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui pembentukan dua KEK baru di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (10/7). Dua KEK tersebut adalah KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan KEK MRO Batam Aero Technic (BAT). (Dok : Humas Ditjen Hubla)
Ilustrasi pembangunan kawasan ekonomi khusus. Sidang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui pembentukan dua KEK baru di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (10/7). Dua KEK tersebut adalah KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan KEK MRO Batam Aero Technic (BAT). (Dok : Humas Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sidang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui pembentukan dua KEK baru yaitu, KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan KEK MRO Batam Aero Technic (BAT).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Dewan Nasional KEK mengungkapkan, dua KEK yang baru dibentuk tersebut berlokasi di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. ”KEK Nongsa Digital Park dan KEK MRO Batam Aero Technic hari ini kita setujui untuk ditetapkan sebagai KEK, karena telah memenuhi syarat,” kata Airlangga dalam siaran persnya, Sabtu (11/7).

Baca juga : Pemkot Bandung Wacanakan Lagi Cek Point Di Batas Kota

Dia menjelaskan dua KEK baru ini setelah ditetapkan akan diberikan waktu paling lama 3 tahun sampai KEK siap beroperasi. Setelah itu dilakukan evaluasi pembangunan setiap tahunnya.

Selanjutnya, Dewan Nasional KEK akan merekomendasikan kepada Presiden untuk menetapkan kedua KEK itu melalui Peraturan Pemerintah.

Baca juga : Tol Pekanbaru–Dumai Jadi Pusat Ekonomi Baru Di Sumatera

Hal itu dianggap penting karena memenuhi persyaratan keberhasilan pengembangan KEK, dan diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja dan mendorong perekonomian daerah.

Adapun keputusan pembentukan ini diambil oleh oleh Ketua Dewan Nasional KEK dalam Sidang Dewan Nasional KEK secara online, Jumat, (10/7) lalu.

Baca juga : Omnibus Law Bisa Bangkitkan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid

Rapat tersebut melibatkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Rapat juga diikuti oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Ekonomi Wahyu Utomo selaku Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK, Kepala BP Batam sekaligus Walikota Batam Muhammad Rudi, dan Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.