Dark/Light Mode

Menelusuri Jejak Iklan Klepon Yang Bikin Heboh Medsos

Rabu, 22 Juli 2020 20:52 WIB
Inilah foto klepon yang bikin heboh jagad Twitter
Inilah foto klepon yang bikin heboh jagad Twitter

RM.id  Rakyat Merdeka -
Sebuah unggahan meme "Kue Klepon Tidak Islami" viral di media sosial dua harian ini. Meme ini jadi bahan lucu-lucuan, bahkan olok-olokan.

Yang jadi bahan pergunjingan, adalah klaim bahwa makanan tersebut tidak Islami. Dalam meme poster iklan, tertulis narasi yang mengundang kontroversi. 

"Kue Klepon Tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di tokoh syariah kami," begitu tulisannya. Dalam meme itu, disebut toko syariah bernama Abu Ikhwan Aziz.

Baca juga : Kejagung Telusuri Keberadaan Djoko Tjandra di Malaysia


Klaim klepon tidak Islami awalnya dari cuitan akun twitter @Irenecutemom yang mengunggah meme tersebut Selasa (21/7) pagi. Akun ini mempertanyakan tulisan dalam foto ini. Cuitan tersebut sejauh ini telah dikomentari dan di-retweet ribuan akun.

Tadinya, meme ini belum begitu viral. Namun, setelah akun media sosial dengan pengikut banyak, mengunggah ulang, meme berbau olok-olok ini jadi trending topic. Seperti akun twitter @tretanmuslim, @uusbiasaaja dan politisi PDI Perjuangan @budimandjatimiko. Serta di fanpage Facebook Denny Siregar.


Sejak itulah, meme dalam bentuk iklan klepon ini heboh dibagikan di berbagai plaftorm media sosial. Di jagad Twitter, kata kunci klepon bahkan jadi trending topic Indonesia. Sudah puluhan ribu yang mencuitkan ulang.

Baca juga : Menperin Blusukan Ke Pabrik Sepeda United Bike

Berdasar penelusuran, tak jelas dan tak ditemukan nama toko daring Abu Ikhwan Aziz baik di situs media sosial maupun di situs belanja online manapun. Selain itu,  tidak jelas argumen klepon tidak Islami. Sebab, di meme tersebut tidak menjelaskan bagian mana yang haram atau halal.

Sementara YouTuber Ridwan Hanif Rahmadi melalui akun twitter @ridwanhr juga telah menelusuri toko Abu Ikhwan Aziz yang mengklaim bahwa klepon tidak Islami.

"Ada yang nemu toko Abu Ikhwan Aziz yang bilang klepon nggak Islami? Nyari tokonya nggak nemu, di maps nggak ada, fb nggak ada, websitenya nggak ada. Akun ig (instagram) ada personal, baru jadi hari ini. Katanya jualan kurma, niat jualan nggak sih?" tutur dia

Baca juga : Menteri Terawan Sementara Ngantor Di Surabaya 

Serupa, akun Facebook Indonesian Hoaxes menyebutkan bahwa foto klepon yang dipakai dalam meme iklan dari situs resep makanan Resep Koki yang dipotret oleh Pinodita tahun 2008 silam. 

Jadi, siapa yang dengan sengaja menyebarkan meme bernada olok-olok dan apa tujuannya? [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.