Dark/Light Mode

Pasien Sembuh Covid di Secapa AD Bandung Sudah 1.194 Orang

Kamis, 6 Agustus 2020 12:07 WIB
Swab test yang  dilakukan pada calon perwira di Secapa AD. (Foto: Secapa AD)
Swab test yang dilakukan pada calon perwira di Secapa AD. (Foto: Secapa AD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasien sembuh di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) hingga Kamis (6/8) sudah mencapai 1.194 orang.

Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan dari hasil Lab PCR dari swab lanjutan pasien Secapa AD sejak Rabu (5/8) hingga Kamis (6/8), ada 68 pasien lagi yang telah dinyatakan negatif. Dengan begitu maka dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD sampai saat ini sudah berkurang 1.194 orang.

Baca juga : Takut Covid-19, Nadal Mundur dari US Open

"Sudah berkurang 1.194 orang atau 91,3 persen sudah menjadi negatif, menjadi tinggal 114 orang atau 8,7 persen masih positif," kata Nefra dalam keterangannya, Kamis (6/8).

Seperti diketahui, Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang berlokasi di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung menjadi klaster baru kasus Covid-19 di Jawa Barat.

Baca juga : Sembuh Dari Covid, Amitabh Bachchan Tinggalkan RS

Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa penemuan pasien pertama Covid-19 ini berawal dari ketidaksengajaan, yakni ketika dua perwira Secapa AD yang berobat di Rumah Sakit Dustira, Cimahi karena keluhan demam akibat infeksi bisul dan masalah tukang belakang. "Tapi ternyata mereka di swab dan positif," kata Andika.

Hari itu juga, Andika mengirimkan alat rapid test yang dikirim langsung dari Jakarta, untuk mengetes seluruh siswa dan staf pelatih Secapa AD. Setalah dilakukan rapid test hasilnya ada sekitar 187 orang yang reaktif.

Baca juga : Pegawai Meninggal Karena Covid, FH Undip Terapkan WFH 14 Hari

"Kita ingin yakinkan, kalau swab saya kirim VTM kepada Kakesdam, VTM itu adalah alat untuk swab ya. Saya kirim kemudian dilakukan swab, dilakukan tes di laboratorium PCR dari situlah akhirnya ditemukan," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.