Dark/Light Mode

Di Tengah Covid-19

Semua Kegiatan PDIP Dilakukan Serba Online

Minggu, 19 Juli 2020 10:35 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristianto (Foto: Dok. PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristianto (Foto: Dok. PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP tetap sibuk di tengah pandemi Covid-19. Beragam kegiatan yang bersinggungan dengan kader dan massa semua dilakukan secara online. Mulai dari sekolah politik para kader kontestan pilkada, peresmian kantor, hingga kegiatan wayangan. 

“Apa yang dilakukan oleh PDIP tidak terlepas dari apa yang disampaikan oleh Bung Karno, bahwa partai harus mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristianto melalui keterangan tertulis, kemarin. 

Hasto mengklaim aktivitas PDIP tidak berhenti sekalipun ada pandemi. Berbagai bentuk gotong royong untuk rakyat selalu dilakukan. Rapat DPP partai, kata Hasto, selalu dilakukan seminggu dua kali secara daring. 

Baca juga : India Kecepetan Cabut Lockdown

“Peringatan Bulan Bung Karno yang dilakukan dengan penuh antusiasme dan melibatkan para pemuda Indonesia juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi IT. Bahkan wayangan secara daring yang dilakukan Badan Kebudayaan Nasional Partai mencapai rekor penonton terbanyak, melebihi 1,7 juta orang,” ungkapnya. 

Sistem komunikasi serba online ini, menurutnya, ada baiknya. Teknologi, telah membuka ruang yang begitu luas bagi kader PDIP dalam menjalani semangat gotong royong. Alhasil, kegiatan berbasis massa pun tak ragu digelar online. Kegiatan itu antara lain, peresmian kantor partai hingga sekolah partai untuk para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Kedua acara berbasis massa ini, digelar secara online. 

“Kantor partai penting sebagai rumah rakyat, pusat pendidikan politik partai, pusat kebudayaan guna memperkuat kepribadian bangsa yang penuh dengan nilai spiritualitas, rasa cinta pada tanah air, toleransi dan menyatunya alam rasa dan alam pikir,” katanya. 

Baca juga : DKI Belum Aman Covid-19, Anies Perpanjang PSBB Transisi 14 Hari

Atas dasar hal tersebut, maka sekolah para calon kepala dan wakil kepala daerah akan diadakan secara daring. PDIP memiliki narasumber dalam berbagai disiplin ilmu, dari ideologi Pancasila, hingga strategi pemenangan pemilu. 

Sebelumnya, PDIP juga melakukan pengumuman penting melalui daring. Yaitu, pengumuman jagoan banteng untuk Pilkada 2020. Pada Jumat (17/7), sebanyak 45 pasangan calon kepala daerah jagoan banteng diumumkan. Di antaranya adalah putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota berduet dengan mantan Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa sebagai wakilnya. 

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Pengumuman ini juga dihadiri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sejumlah kader secara daring. Gibran-Teguh juga hadir secara daring, mereka terlihat berkumpul di Kantor DPP Jawa Tengah. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.