Dark/Light Mode

Protokol Kesehatan Angkasa Pura I Diapresiasi Dua Menteri

Rabu, 12 Agustus 2020 21:11 WIB
Menteri BUMN Erick Tohir meninjau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di bandara naungan Angkasa Pura I. (Dok. Humas Angkasa Pura I)
Menteri BUMN Erick Tohir meninjau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di bandara naungan Angkasa Pura I. (Dok. Humas Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
5. Menganjurkan penggunaan tiang penopang antrean dan atau marka lantai untuk mengampanyekan penerapan jaga jarak fisik.

6. Meningkatkan kebersihan, pembersihan, dan disinfeksi sebelum dan sesudah digunakan serta menyesuaikan jumlah staf yang dialokasikan untuk pelaksanaan pembersihan berdasarkan kapasitas atau volume penerbangan dan penumpang.

7. Implementasi pengaturan sirkulasi, jumlah pengunjung atau antrean dan batas waktu kunjungan di pintu masuk dan keluar untuk mencegah keramaian atau kerumunan.

Baca juga : PSSI Dukung Keputusan AFC Tunda Kualifikasi Piala Dunia 2022

8. Menyaratkan penggunaan peralatan makan sekali pakai dan penyediaan makanan dan minuman dalam kemasan untuk dibawa pulang dan atau dimakan di tempat.

9. Mengelola limbah secara efisien untuk meminimalkan penyebaran penyakit ke seluruh siklus hidup pemangku kepentingan dan titik kontak pengelolaan limbah.

Sedangkan kepada petugas operasional yang bertugas, perseroan mewajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti kacamata pelindung (goggles), pelindung wajah (face shield), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal.

Baca juga : Angkasa Pura I Punya Galeri Dan Zona Khusus Pameran UMKM

Selain itu untuk pelaksanaan physical distancing pihaknya telah melakukan pengaturan jarak antrean minimal 1,5 meter pada area check-in counter, security check point, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area baggage claim serta area tunggu transportasi publik.

Penggunaan teknologi juga dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) yang berfungsi untuk mengendalikan dan memonitor operasional bandara secara real time.

Perusahaan pun memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. "Selain itu diterapkan juga virtual customer service, boarding pass scanner serta digital meeting point (DMP) untuk meminimalisir interaksi langsung dengan penumpang dan mempermudah penjemputan penumpang, khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali,” imbuh Faik.

Baca juga : Semoga Aja Sanksi Progresif Bikin Jera Perusahaan Nakal

Adapun Protokol New Normal Perusahaan dapat dilihat dan diunduh pada: https://ap1.co.id/id/information/pedoman-new-normal-covid19 Dia menegaskan perusahaan berkomitmen untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan dan bandara demi meningkatkan kepercayaan diri masyarakat.

"Sehingga masyarakat yang mau melakukan perjalanan udara bisa dengan aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru," katanya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.