Dark/Light Mode

Sambut Libur Panjang, PT KAI Operasikan 260 Kereta Perhari

Kamis, 20 Agustus 2020 19:52 WIB
Ilustrasi. (Dok. PT KAI)
Ilustrasi. (Dok. PT KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut libur panjang akhir pekan 19 Agustus hingga 23 Agustus 2020 PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyiapkan tambahan sejumlah perjalanan kereta api. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang kereta api.

"Khusus perjalanan KA jarak jauh, jumlahnya mencapai rata-rata 88 KA jarak jauh per hari pada periode tersebut. Naik 49 persen dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 59 KA jarak jauh per hari," kata Joni Martinus VP Public Relations KAI melalui keterangan resmi, (19/8/2020).

Joni mengatakan KA yang ditambahkan pada akhir pekan ini diantaranya KA Gajayana (Gambir - Malang pp), Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari pp), Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), Harina (Bandung - Surabaya Pasarturi pp), Pasundan (Kiaracondong, Bandung - Surabaya Gubeng pp) dan berbagai KA dengan tujuan kota-kota lainnya.

Baca juga : Luhut: Transportasi Darat Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Pada perjalanan 19 Agustus 2020 - 23 Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 260 KA per hari, atau naik 21 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 215 KA perhari.

Menurut Joni dengan adanya hari libur yang berdekatan, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari.

Kondisi yang sama juga tampak pada periode libur HUT RI pekan lalu, volume pelanggan pada keberangkatan 14 sampai dengan 17 Agustus 2020 mencapai 266.424 pelanggan.

Baca juga : Bank Mandiri Dan KAI Terbitkan Kartu Commuter Pay

Jumlah tersebut naik 29 persen dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 207.297 pelanggan. Secara lebih terperinci, kenaikan pada KA jarak jauh sebesar 45 persen dari 59.436 pelanggan menjadi 85.983 pelanggan.

Sedangkan untuk KA lokal naik 22 persen dari 147.861 pelanggan menjadi 180.441 pelanggan. 

"KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan rutin menyosialisasikan Gerakan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak kepada pelanggan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pelanggan pada perjalanan kereta api," tutup Joni.

Baca juga : ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Dan Kendaraan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan KA pada libur panjang akhir pekan ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan media sosial KAI 121. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.