Dark/Light Mode

Survei Pilpres 2024

Anies, Kang Emil Dan Ganjar Ungguli Tokoh Nasional...

Sabtu, 22 Agustus 2020 04:24 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei calon presiden (capres) semakin dinamis. Tiga kepala daerah unggul dari barisan tokoh nasional di bursa Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tiga kepala daerah tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Survei kali ini tidak biasa, respondennya 304 pemuka opini atau elite dari 20 kota di Indonesia. Dari beragam macam latar belakang. Seperti akademisi, pengamat kesehatan, redaktur politik, tokoh ormas, hingga pengusaha. 

Di survei bertajuk ‘Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan dalam Penanganan Covid-19’ nama Anies, Emil dan Ganjar konsisten berada di papan atas sejumlah dimensi survei, sebagai ukuran untuk menilai kepantasan seseorang dalam memimpin negara. 

Baca juga : Ini Artis Top Dunia Yang Mati-matian Lawan Gangguan Makan

“Salah satu kriteria yang digunakan adalah karakter personal sang calon, terdiri dari sejumlah dimensi utama yaitu kompetensi, integritas dan akseptabilitas,” ujar Burhanuddin, kemarin. 

Dirincikan, secara akseptabilitas, Kang Emil menempati posisi puncak memperoleh skor 7,2. Disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang keduanya memperoleh nilai 7,1.

“Lagi-lagi, selisih di antara mereka sangat kecil. Posisi keempat diduduki oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan skor 6,9,” sebutnya. 

Dari dimensi integritas, Kang Emil dan Anies Baswedan sama-sama mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 7,1, Ganjar Pranowo dengan skor 7,0, kemudian Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir mendapat skor 6,8. 

Baca juga : Maju Pilkada, Cucu Wapres Ingin Karawang Jadi Ikon Lumbung Padi Nasional

Dari dimensi kompetensi, Anies Baswedan mendapat skor 7,3, Kang Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 6,9, Prabowo Subianto dengan skor 6,8, Salahudin Uno 6,7, dan Erick Thohir mendapat skor 6,6. 

“Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7,2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan skor 7,1, kemudian Mahfud MD dengan nilai 6,9 dan Sandiaga Salahuddin Uno dengan nilai 6,8,” ungkapnya. 

Meroketnya kepala daerah ini, menurut Burhanuddin, tidak terlepas dari penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Peran kepemimpinan saat ini berada di daerah. Jadi, cenderung mendapat penilaian positif ketimbang pusat. 

“Mereka dipandang lebih peka terhadap krisis, lebih responsif, berani mengalokasikan sumber daya, mampu berkomunikasi dengan masyarakat dan mampu berkordinasi dengan seluruh aparat,” ujarnya. 

Baca juga : Biden Kuasai Negara Bagian Yang Pernah Ungguli Trump

Indikator mencatat Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Kang Kamil semuanya unggul di kalangan usia 40 tahun. Pemilih Anies Baswedan terutama datang dari kalangan LSM/Ormas, akademisi dan media massa. 

“Ganjar Pranowo dari pengusaha dan media massa, sementara Kang Kamil utamanya didukung media massa dan akademisi. Berdasarkan proporsi pemilih, Anies Baswedan memiliki basis kuat di kalangan LSM/Ormas, Ganjar Pranowo kalangan pengusaha dan Kang Kamil media massa,” katanya. 

Sementara sebaran pemilih ketiga Gubernur ini mirip dengan perolehan nilai kepemimpinan. 

Suara Anies Baswedan banyak datang Sumatera, Banten dan Jawa Barat. Ganjar Pranowo dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY, sementara Kang Kamil dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta. [BSH]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.