Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RSD Wisma Atlet Dapat Bantuan Alat Sterilisasi Berbasis UVC

Rabu, 26 Agustus 2020 09:43 WIB
Direksi uvclean.co.id menyerahkan alat UVC sterilisasi teregistrasi di Kemenkes, yang diterima  Komite Etik RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Direksi uvclean.co.id menyerahkan alat UVC sterilisasi teregistrasi di Kemenkes, yang diterima Komite Etik RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan pihak swasta dalam penanganan pandemi Covid-19 terus mengalir ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran. Salah satunya, bantuan berupa alat sterilisasi berbasis Ultra Violet tipe C (UVC) yang disebut bisa membunuh virus bahkan Covid-19 di dalam ruangan. Manfaat sinar UVC ini dapat menghancurkan bakteri dan virus mikroskopik.

Salah satu yang mengembangkan alat ini adalah uvclean.co.id. Direksi uvclean.co.id menyerahkan alat UVC sterilisasi yang sudah teregistrasi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Penyerahan diterima Komite Etik RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Baca juga : Para Menteri Rapat Di Bali, Kalau Stres Bisa Rekreasi Di Pantai

Alat UVC sterilisasi ini khusus digunakan untuk kebutuhan sterilisasi sinar ultraviolet C di dalam ruangan (non-human) untuk rumah tangga, toko, sekolah, perkantoran, rumah sakit, hotel, transportasi publik, hingga puskesmas. uvclean.co.id telah bekerja sama dengan RSD Wisma Atlet Kemayoran di dalam penelitian bersama dengan judul "Pengujian Efektivitas dan Efisiensi Sinar Ultraviolet Tipe C 222nm dan 254nm dalam Menonaktifkan Virus Covid-19".

"Kelebihan penggunaan alat UVC sterilisasi adalah user/operator tidak bersentuhan dengan objek benda di sekeliling yang mungkin sudah terkontaminasi baik secara droplet maupun aerosol yang kita tidak tahu. Sehingga dapat menjadi nilai tambah protokol kesehatan dengan radiasi pada ruangan isolasi, ruangan petugas medis dan dokter," kata Direktur RND uvclean.co.id Ferry Gunawan dalam keterangan persnya, Rabu (26/8).

Baca juga : Kerek Produktivitas, Pemerintah Diminta Bantu Modernisasi Peralatan UMKM

Cara kerjanya hanya dengan meletakkan lampu UVC di dalam ruangan tersebut. Maka, bakteri atau virus bisa hancur karena terkena sinar UVC. uvclean.co.id memproduksi beberapa lampu UVC sterilisasi ruangan, benda, dan udara di ruangan yang sudah siap jual.

Menurut lelaki lulusan S2 California ini, lampu UVC buatannya sudah mengantongi sertifikat izin produksi FK 01/IV/797-e/2020 serta sertifikat izin edar AKD 20903021214 dari Kemenkes. "Kami, uvclean.co.id, telah menyusun, mendesain alat dan melakukan serangkaian ujicoba terhadap alat UVC yang dapat memproduksi sinar gelombang 185nm dan 254nm," terangnya.

Baca juga : Banyak Pemda Lambat Realisasikan APBD

Menurut dia, alat ini sangat membantu masyarakat Indonesia dalam menghentikan laju pandemik Covid-19. Alat ini tersedia dengan power 16W, 30W untuk jenis portable dan 180W dan 288W menggunakan roda (dimensi besar). [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.