Dark/Light Mode

Resmikan YIA

Presiden : Terminalnya 13 Kali Lipat Lebih Luas Dari Banda Lama

Jumat, 28 Agustus 2020 12:02 WIB
Presiden Jokowi resmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Jumat (28/8/2020). (Dok. Angkasa Pura I)
Presiden Jokowi resmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Jumat (28/8/2020). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), meresmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang berada di Kabupaten Kulonprogo, pada Jumat (28/8/2020).

Presiden tiba di Bandara YIA sekitar pukul 09.15 WIB. Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Rombongan Presiden Jokowi juga disambut oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kulonprogo Sutedjo dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Baca juga : Mantu Presiden Jokowi Akan Gencar Sosialisasi Kampanye Lewat Daring

Presiden Jokowi mengatakan Bandara YIA dibangun lebih besar jika dibandingkan dengan Bandara lama/Bandara Adisutjipto dan dibangun hanya membutuhkan waktu 20 bulan. Mula-mula Jokowi mengurai perbandingan panjang runway-nya.

"Panjang runway di sana 2.200. Yang di sini, 3.250. Jauh lebih panjang," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya, di Yogyakarta International Airport, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (28/8).

Dengan runway sepanjang itu, bandara baru DIY ini sudah bisa didarati pesawat-pesawat berbadan besar.

Baca juga : Istana Butuh Imam Lebih Banyak

"Di sini bisa didarati Airbus A380 dan Boeing 777. Pesawat gede-gede bisa turun di sini," lanjutnya.

Jika panjang runway hampir 2 kali lipat lebih panjang, lebih wow lagi luas terminalnya.

Kepala Negara menyebutkan, luas terminal bandara baru ini sekitar 13 kali lipat lebih luas dari bandara lama.

Baca juga : Pertumbuhan Penumpang Naik 2 Kali Lipat Di Bandara Lombok

"Luas terminal lama 17 ribu meter persegi. Di sini 219 ribu meter persegi. Berapa kali ini? 13, 14 kali lipat," ucapnya.

Bandara baru ini juga dikerjakan sangat cepat. Hitungan Jokowi, bandara rampung 100 persen hanya dalam waktu sekitar 20 bulan saja.

Selepas menjalankan ibadah salat Jumat nanti, Presiden Joko Widodo juga diagendakan untuk menyerahkan Banpres Produktif Usaha Mikro di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.