Dark/Light Mode

Irjen Napoleon Gak Ditahan, Jaksa Pinangki Gak Dipakein Rompi

Jeruk Makan Jeruk, Begini Nih Jadinya

Sabtu, 29 Agustus 2020 08:30 WIB
Irjen Napoleon Bonaparte dan Jaksa Pinangki. (Foto: ist)
Irjen Napoleon Bonaparte dan Jaksa Pinangki. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya pengusutan kasus pelarian Djoko Tjandra menuai banyak kri­tikan. Pasalnya, Kejaksaan Agung dan Polri dianggap memberikan per­lakuan istimewa terhadap tersangka yang berasal dari institusinya.

Polri tak menahan Irjen Napoleon Bona­parte, sementara Kejagung tak pa­merin Jaksa Pinangki dengan rompi pink seperti tersangka lainnya. Kalau jeruk makan jeruk, ya begini jadinya.

Napoleon diketahui melenggang bebas usai diperiksa penyidik Bares­ krim Polri selama 12 jam, Selasa (25/8). Eks Kadiv Hubinter Polri yang jadi tersangka kasus dugaan gratifikasi dalam pencabutan red notice Djoko Tjandra itu, diperiksa bersama dua tersangka lainnya, Tommy Sumardi dan Brigjen Prasetijo Utomo.

Napoleon dicecar penyidik dengan pertanyaan terbanyak, yakni 70. Me­nyusul Tommy dengan 60 pertanyaan dan Prasetijo, 50. 

Napoleon didampingi penga­caranya, Gunawan Raka, hanya cengar-­cengir usai diperiksa. Dia meminta wartawan menanyakan soal

pemeriksaan kepada pengacaranya. “Saya sudah memberikan kuasa kepada penasihat hukum saya, jadi silakan beliau yang sampaikan,” tutur Napoleon yang mengenakan seragam polisi lengkap dengan dua bintang di pundaknya.

Baca juga : Sempat Dievakuasi ke Kejari Jaksel, Jaksa Pinangki Cs Dibalikin Lagi ke Rutan Kejagung

Dari tiga tersangka yang diperiksa hari itu, hanya Prasetijo yang ditahan. Eks Karo Korwas PPNS Polri itu me­mang sudah duluan masuk rutan Bares­krim setelah sebelumnya terjerat kasus pemalsuan surat jalan Djoko Tjandra.

Kenapa Napoleon tak ditahan? Ka­ropenmas Polri Brigjen Awi Setiyono menjelaskan, Napoleon kooperatif da­lam proses pemeriksaan. Awi menyebut, ketiganya mengakui telah menerima uang dari Djoko Tjandra. Namun, Awi tidak merinci berapa uang yang diterimanya.

“Kami tidak bisa sampaikan di sini (nominal), terkait uang yang diterima ini. Masih akan diklarifikasi dengan alat bukti lainnya,” tutur Awi.

Awi pun membantah dugaan Napo­leon tidak ditahan karena merupakan seorang perwira tinggi, jenderal bintang dua. “Tidak. Murni semua proses penyidikan, semua hak prero­gatif (penyidik),” bantahnya.

Kemarin, Napoleon juga kembali diperiksa. Tapi kali ini, sebagai saksi untuk tersangka lainnya. Se­lain Napoleon, penyidik juga men­ jadwalkan pemeriksaan terhadap tiga tersangka lainnya, yakni Prasetijo, Tommy, dan Djoko Tjandra. “Tiga tersangka sudah hadir kecuali tersangka atas nama TS,” tutur Awi.

Sehari sebelum pemeriksaan, pe­nyidik juga telah melakukan rekons­ truksi tentang dugaan gratifikasi itu. Rekonstruksi dilaksanakan berda­ sarkan rekaman CCTV di lantai satu Gedung TNCC Mabes Polri.

Baca juga : Jadi Tersangka Suap Kasus Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Langsung Ditahan di Rutan Salemba

Kejagung juga terkesan memberi perlakuan berbeda kepada jaksanya yang terjerat kasus dugaan gratifikasi pe­ngurusan Peninjauan Kembali (PK) dan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra, yakni Pinangki Sirna Malasari.

Persoalannya, meski sudah ditahan, jaksa yang dicopot dari jabatan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Kejagung itu tidak pernah terlihat pakai rompi tahanan warna pink yang biasa digunakan para tahanan korps adhyaksa.

Fenomena ini dapat kritikan Koor­dinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Menurutnya, berbeda dengan kasus lain, Pinangki tidak pernah kelihatan ditampilkan dengan rompi tahanan. Berbeda dengan tahanan Jiwasraya mi­salnya. Para tersangkanya ditampilkan. Dibawa dari gedung bundar ke rutan belakang dengan mengenakan rompi.

“Nah Pinangki ini belum pernah kan, jangan-­jangan memang belum pernah diperiksa, jangan-­jangan juga tidak ditahan di belakang gitu kan? Hanya kesempatan tertentu aja seperti kemarin ada polisi ada di situ,” ujar Boyamin.

Boyamin pun menuntut Kejagung menampilkan Pinangki saat pemerik­saan berikutnya dilakukan. “Supaya ada keadilan,” imbuhnya.

Namun, belakangan beredar foto­ foto yang memperlihatkan Pinangki mengenakan rompi pink. Boyamin ikut meralat ucapannya. Dia menyertakan foto yang menunjukkan Pinangki mengenakan rompi tahanan. Yakni, saat Pinangki diperiksa pada Rabu (26/8).

Baca juga : Jaksa Pinangki Diduga Dijanjikan 10 Juta Dolar

“Harusnya setidaknya ditunjukkan pada wartawan. Diinformasikan pada wartawan bahwa hari ini dilakukan pemeriksaan Pinangki jam sekian. Itu kemudian dilewatkan depan, selesai juga dilewatkan depan. Jadi tidak muncul kecurigaan,” tuturnya.

Kapuspenkum Kejagung Hari Seti­yono membantah ada perlakuan isti­mewa untuk Pinangki, termasuk soal rompi pink. “Begini, ketika ditangkap dan ditahankan sudah malam. Ya seperti biasa pakai masukin ke mobil bawa ke tahanan,” kata Hari, kemarin.

Menurut Hari, Pinangki juga dike­luarkan di tempat yang sama di gedung tersebut. Namun saat itu, tersangka keluar dari gedung sudah larut malam dan tidak terlihat oleh awak media.

“Posisinya waktu itu kita tangkap jam 11 malam bawa ke kantor setelah bawa ke kantor langsung ke tahanan. Saya sendiri nggak melihat karena saya mendapat kabarnya pagi,” pungkasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.