Dark/Light Mode

Nih, 10 Lokasi Kawasan Khusus Pesepeda DKI

Sabtu, 29 Agustus 2020 21:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat bersepeda di masa sebelum wabah Covid-19. [Foto Ilustrasi: Instagram.com/@aniesbaswedan]
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat bersepeda di masa sebelum wabah Covid-19. [Foto Ilustrasi: Instagram.com/@aniesbaswedan]

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai Minggu (30/8/2020) besok, di DKI Jakarta ada kebijakan kawasan khusus pesepeda lagi nih!

Hal ini sepetri dijelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat akun Instagram Dinas Perhubungan DKI @dishubdkijakarta pada Sabtu (29/8/2020).

"KKP diadakan kembali hari Minggu, 30 Agustus 2020 pada 10 kawasan Khusus Pesepeda (KKP) yang tersebar di 5 wilayah kota administrasi." Demikian pengumuman di Instagram Dishub DKI. Masyarakat pun diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dan mentaati peraturan dan ketentuan dalam beraktivitas di KKP.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI meniadakan 32 Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) di lima wilayah di Jakarta mulai Ahad, 16 Agustus 2020, di masa perpanjangan PSBB Transisi. Alasannya, saat itu karena masih ditemukan pelanggaran oleh warga yang beraktivitas di sana.

"Karena terjadinya pelanggaran protokol kesehatan yang cukup tinggi, untuk sementara KKP kami tiadakan, sambil kami evaluasi untuk implementasi selanjutnya," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

Pelanggaran PSBB yang terjadi di kawasan khusus pesepeda, misalnya, ada warga yang tidak menggunakan masker, tidak mengindahkan dan tetap kongko-kongko, sehingga menimbulkan kerumunan.

"Bahkan, ada juga warga yang sudah kami larang untuk berada di area KKP karena rentan penularan Covid-19, seperti lansia, anak-anak usia di bawah sembilan tahun dan para ibu hamil, tetapi kami temukan dengan berbagai alasan," ujar Syafrin.

Meski KKP ditiadakan, masyarakat yang ingin berolahraga di hari Ahad dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan Pemprov DKI, seperti jalur sepeda dan beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang telah dibuka kembali.

Baca juga : Qiscus Tawarkan Aplikasi Chat Khusus Buat Pelaku Usaha

"Kita punya jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (km) dan di beberapa kawasan seperti BKT serta jalur sepeda sementara Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat yang bisa dimanfaatkan," katanya.

 

Berikut Lokasi Kawasan Khusus Pesepeda Ahad, 30 Agustus 2020

Jakarta Pusat:

1. Jl. Gajah Mada

2. Jl. Hayam Wuruk

3. Jl. Benyamin Sueb

 

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Perluas Jalur Khusus Pesepeda

Jakarta Barat:

1. Jl. Gajah Mada

2. Jl. Hayam Wuruk

 

Jakarta Utara:

1. Jl. Danau Sunter Selatan

2. Jl. Benyamin Sueb

 

Baca juga : Cegah Covid, Ini Adaptasi Kebiasaan Baru Pelindo 3

Jakarta Timur:

1. Jl. Raya Raden Intan

2. Jl. KBT Sisi Utara

 

Jakarta Selatan

1. Jl. Layang Non Tol Antasari [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.