Dark/Light Mode

Telkom Bikin Aplikasi Belanja Di Pasar Khusus Zona Merah

Sabtu, 27 Juni 2020 19:19 WIB
Aplikasi Lapak Ibu memudahkan transaksi belanja di pasar khususnya di zona merah.
Aplikasi Lapak Ibu memudahkan transaksi belanja di pasar khususnya di zona merah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menggairahkan bisnis Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM), khusus di pasar tradisonal di masa pandemi, Telkom menghadirkan aplikasi digitalisasi pasar, khusus di zona merah. 

Aplikasi ini memudahkan pedagang pasar dan pembeli untuk bertransaksi melalui aplikasi Lapak Ibu. Pasar tradisional BSD Tangerang, menjadi pilot project untuk implementasi aplikasi ini. 

Dalam sambutannya, Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, kehadiran Lapak Ibu ini berangkat dari problem di pasar yang diharapkan dapat membawa UMKM untuk lebih mengembangkan potensi digitalnya. 

Baca juga : FK UHAMKA Buka Bimbingan Belajar Masuk Fakultas Kedokteran

“Lapak Ibu adalah amanah bagi Telkom untuk menjawab tantangan transformasi digital. Baik di dalam maupun di luar Telkom. Semoga pilot project ini dapat menjadi pelajaran dan berkembang lagi ke depannya,” ujar Fajrin, kemarin. 

Untuk saat ini, Lapak Ibu menyasar segmen ibu rumah tangga yang biasa berbelanja di pasar tradisonal. Secara umum, alur transaksinya adalah pembeli membuat pesanan dan pembayaran di website Lapak Ibu yang disediakan oleh Sakoo, startup binaan Telkom. 

Selanjutnya, lanjut Fahrin, aplikasi ini akan menyasar middle man yang bertindak sebagai personal shopper yang akan menerima pesanan tersebut dan berkoordinasi dengan pedagang yang ada di pasar tradisional. 

Baca juga : Manjain Siswa Belajar Di Rumah, Pahamify Kasih Diskon Langganan 90 Persen

Kemudian membeli belanjaan tersebut. Hasil belanjaan dikirimkan melalui kurir ke pembeli. 

“Pemilihan Pasar BSD Tangerang sebagai pilot project karena merupakan area zona merah terdampak Covid-19. Dan ibu-ibu yang berbelanja di sekitar pasar sudah familiar menggunakan aplikasi untuk berbelanja demi keamanan. Kedepannya semoga pasar online Lapak Ibu ini dapat diterapkan di berbagai daerah di Indonesia,” tambah Executive Vice President Digital dan Next Business Telkom, Joddy Hernady. 

Lapak Ibu dioperasikan oleh Sakoo (Satu Toko Online) yang merupakan aplikasi berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan offline dan online sehingga dapat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam berjualan. 

Baca juga : Teten: Reformasi Sektor Pangan Diminta Berbasis Koperasi

Sakoo menyediakan fitur – fitur berupa pengelolaan stok, transaksi, data pelanggan, dan katalog produk. 

“Semoga dengan kehadiran Lapak Ibu, Telkom dapat terus mendukung pemberdayaan UMKM demi menggerakkan kembali roda perekonomian Indonesia dan membantu masyarakat untuk beraktivitas meski dari rumah,” tutup Fajrin. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.