Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PANDI Gaet PPI Sedunia Sukseskan Digitalisasi Aksara Asli Nusantara

Senin, 31 Agustus 2020 22:29 WIB
PANDI Gaet PPI Sedunia Sukseskan Digitalisasi Aksara Asli Nusantara

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sedang gencar menggaungkan program "Merajut Nusantara melalui digitalisasi aksara nusantara". Hal ini terlihat dalam acara Penutupan Simposium Internasional Perhimpunan Pelajar Indonesia Seluruh Dunia (PPI Sedunia) yang dilaksanakan secara daring, Minggu (30/8).

Menurut Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo, dalam acara itu, pihaknya gencar melakukan kegiatan digitisasi dari bahasa daerah yang ada di Indonesia, kemudian didaftarkan ke Unicode. Setelahnya baru bisa didaftarkan sebagai Internationalize Domain Name (IDN) ke ICANN sebagai bentuk digitalisasi aksara nusantara.

"PANDI ingin memberikan kontribusi bagi bangsa, sebagai wujud nasionalisme kami yang dituangkan dalam bentuk upaya digitalisasi aksara aksara nusantara warisan leluhur, agar generasi muda indonesia bisa mengenal dan memahami aksara-aksara asli daerah terdahulu yang kini kian terkikis zaman," tuturnya dalam keterangan persnya di kantor PANDI.

Baca juga : Hidayat Ingatkan Jasa Besar Ulama Dan Umat

Di hadapan anggota PPI Sedunia, Yudho berpesan agar semua anggota untuk ikut mensukseskan kegiatan digitalisasi aksara-aksara asli warisan leluhur bangsa indonesia, sehingga gaungnya bisa terdengar seantero dunia. "Saya mengajak PPI Dunia untuk sama-sama memasifkan dan bergotong royong dalam rangka kegiatan ini," ajaknya.

Persatuan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) telah menggelar rangkaian Simposium Internasional 2020 yang terdiri dari Webinar online, Talkshow dan puncaknya adalah pemilihan koordinator PPI Dunia. Hasilnya, Choirul Anam terpilih jadi koordinator baru periode 2020-2021 menggantikan Fadlan Muzakki yang menjabat di era sebelumnya.

"Terima kasih banyak kepada PANDI dengan berbagai kerja sama yang telah dilakukan dalam setahun terakhir dengan pengurus sebelumnya. Saya sebagai koordinator PPI Dunia 2020/2021 menyambut niat baik PANDI terutama dalam Merajut Nusantara," ucap pria yang akrab disapa Anam.

Baca juga : Musim Pandemi, Ritel Fesyen Tawarkan Digitalisasi Kartu Anggota

Menurut Anam, program Merajut Nusantara sejalan dengan program yang diproyeksikan olehnya pada kepengurusan PPI Dunia kali ini. "Apa yang dilakukan PANDI dan Pengurus PPI Dunia tahun 2020/2021 sejalan dengan salah satu program unggulan kami yaitu "diplomasi budaya". Maksudnya kita memperkenalkan tidak hanya bahasa, budaya, keindahan tapi juga hal-hal yang bisa mendorong masyarakat dunia bisa mengenal indonesia. Ini menjadi tugas PPI Dunia karena kita menjadi diplomat budaya," terangnya.

Melalui Merajut Nusatara, PPI dunia 2020/2021 siap mendukung dan mengapresiasi program ini. "Kedepan kita akan melakukan kolaborasi yang lebih baik, apa dan bagaimana yang bisa didukung merajut nusantara untuk mendunia," katanya.

"Kini saat ini rekan-rekan PPI memperkenalkan aksara asli indonesia melalui Merajut Nusantara yang digagas oleh PANDI agar indonesia dikenal oleh dunia sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya," tutupnya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.