Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ternyata, Masih Ada Menteri Yang Belum Sowan Ke Wapres

Senin, 7 September 2020 06:47 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin)
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin)

 Sebelumnya 
Masduki memastikan, meski tak bertemu secara fisik, Wapres telah melaksanakan fungsi pengawasan secara baik dan tepat, serta berkoordinasi dengan menteri-menteri dalam menjalankan program. 

Masduki juga menerangkan, saat ini Wapres mendapat penugasan khusus dari Presiden Jokowi. Di antaranya mengentaskan kemiskinan, mengembangkan ekonomi syariah, memajukan UMKM, serta memerangi radikalisme dan transformasi birokrasi. 

Baca juga : Menteri Suharso Ngarep Babel Bisa Jadi Tuan Rumah Event Internasional

Menanggapi peran Wapres dan relasi komunikasi para menteri dengan Wapres, pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, secara de facto, Presiden dan Wapres adalah dwi tunggal. Tugas Wapres adalah membantu Presiden. Hanya saja, Wapres tidak boleh punya kebijakan sendiri. 

Karena itu, ia memaklumi jika ada menteri yang belum berkunjung secara pribadi ke kediaman atau kantor Wapres. Pertama, situasi dan kondisi sedang tidak memungkinkan akibat pandemi. Karyono melihat, Kiai Ma’ruf aktif dan menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi saat di masa awal-awal jabatan. Namun, setelah Maret, pandemi keburu datang sehingga koordinasi tak banyak terlihat di media.  

Baca juga : Umrah Masih Tunggu Penerbangan dan Protokol Kesehatan

Kedua, tidak semua menteri di bawah koordinasi Wapres. "Wajar kalau menteri hanya melaporkan perkembangan program kepada Presiden," kata Karyono. 

Ia melihat, Kiai Ma’ruf saling berbagi peran dengan Jokowi. "Sekarang tinggal bagaimana Wapres menggunakan kewenangannya untuk memastikan agar menteri-menteri menjalankan program kebijakan sesuai visi-misi Presiden dan Wapres," ucapnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.