Dark/Light Mode

Khofifah: Kapasitas Bed Isolasi dan ICU Khusus Covid di Jawa Timur Masih Aman

Jumat, 11 September 2020 16:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Khofifah Indar Parawansa (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Khofifah Indar Parawansa (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Beberapa rumah sakit di Jawa Timur juga dilaporkan memiliki Bed Occupancy Rate yang melebihi 80 persen.

Mengantisipasi pandemi Covid yang belum menunjukkan tanda-tanda reda, Pemprov Jatim mengambil langkah cepat dengan mendirikan RS Darurat Lapangan Indrapura bersama pemerintah pusat, TNI, dan Polri.

Baca juga : Ruang Isolasi dan ICU di 7 RS Rujukan Covid di Jakarta Sudah Full 100 Persen

Langkah itu diikuti dengan menambah RS Rujukan, dari yang sebelumnya hanya 44 di awal April menjadi 127 RS Rujukan.

Kedua langkah ini dinilai cukup efektif dalam mengatasi kondisi overload tersebut. Meski kapasitas bed masih mumpuni, Khofifah tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan patuh pada protokol kesehatan. Terlebih, dalam beberapa pekan terakhir, muncul beberapa klaster baru penyebaran Covid.

Baca juga : Anies Minta Warga DKI Saling Ngingetin Protokol Kesehatan

Khofifah menyarankan, masyarakat harus membatasi aktivitas yang dirasakan berisiko tinggi menjadi penularan kasus Covid-19. Selain itu, masyarakat juga harus menghilangkan stigma buruk kepada warga yang terkena Covid-19.

Karena ini akan membuat pasien yang memiliki gejala terpapar virus Corona takut ke rumah sakit. Mereka baru datang, saat keadaannya sudah buruk. Akhirnya, tak tertolong. "Jadi, jangan khawatir ke RS," tegas Khofifah. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.