Dark/Light Mode

DKI PSBB Total, Bekasi Antisipasi Lonjakan Wisatawan

Sabtu, 12 September 2020 17:05 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan. [Foto: Humas Polri]
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan. [Foto: Humas Polri]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Resor Metropolitan (Polres Metro) Bekasi melakukan upaya antisipasi lonjakan wisatawan asal DKI Jakarta saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total mulai diberlakukan pekan depan.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan, antisipasi itu dilakukan dengan mengecek kembali kesiapan protokol kesehatan di objek wisata dan pusat perbelanjaan. "Kami dari Bekasi sebagai daerah penyangga, tentu harus mempersiapkan bila ada lonjakan wisatawan dari Jakarta ke tempat kami," katanya, saat melakukan pengecekan di objek wisata Taman Limo Cikarang Barat, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga : ASN Banyuwangi WFH Lagi

Hendra mengatakan, kawasan wisata dan pusat perbelanjaan diwajibkan lebih memperketat penerapan protokol kesehatan seperti penerapan 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

Terlebih saat ada potensi lonjakan kunjungan warga DKI Jakarta ke Kabupaten Bekasi akibat diberlakukannya PSBB secara total. "Kita sedang lakukan pengecekan, evaluasi protokol COVID-19 di kawasan wisata dan pusat belanja. Tentunya wajib punya protokol COVID-19, termasuk pembatasan dalam tempat wisata dan belanja itu," katanya.

Baca Juga : Menko Muhadjir Pastikan Kualitas Beras Bansos PKH Sesuai Standar

Hendra mengaku, sejauh ini belum ada pembahasan aturan mengenai pembatasan warga DKI Jakarta yang masuk ke wilayah Kabupaten Bekasi. Menurutnya, antisipasi melalui pengecekan penerapan serta pengawasan protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan, demi mencegah terjadinya transmisi penyebaran COVID-19 dari wilayah DKI Jakarta ke wilayah hukumnya.

"Sampai saat ini kita belum ada SIKM (surat izin keluar masuk –red) ya. Tidak ada pembatasan atau penyekatan antara daerah satu dan lainnya. Belum ada aturan yang melarang warga Jakarta masuk ke Bekasi," katanya. [GPG]