Dark/Light Mode

Pastikan Masyarakat Terima Bansos, Mensos Juliari Kunjungi Natuna

Rabu, 23 September 2020 19:44 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, pantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), di Kantor Pos Ranai, Selasa (22/9/2020). (Dok : Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, pantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), di Kantor Pos Ranai, Selasa (22/9/2020). (Dok : Kemensos)

 Sebelumnya 
Dijelaskannya, bansos berupa pembagian paket sembilan bahan pokok (sembako) disalurkan sebanyak 985 paket melalui Bakamla.

Selanjutnya paket sembako tersebut akan disalurkan kepada 2.552 keluarga di 14 Desa, yang tersebar di Kecamatan Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat, Pulau Laut dan Bunguran Selatan.

Bansos sembako diserahkan secara simbolis oleh Mensos Juliari, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Johny Sumbung.

Acara penyerahan disaksikan langsung oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Wakil Ketua II DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah bersama Ketua Komisi III DPRD Natuna, Rusdi, para pimpinan FKPD, OPD serta masyarakat setempat, di Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Natuna.

Baca juga : Pasca Banjir, Pabrik AQUA Mekarsari Kembali Beroperasi

“Kami memberikan bantuan ini dengan niat yang iklas. Ini adalah bukti bahwa negara hadir di tengah masyarakat, khususnya di saat pandemi Covid-19,” ujar Mensos.

Kemudian untuk BST disalurkan kepada sebanyak 5.784 keluarga penerima manfaat (KPM) BST di Kabupaten Natuna, dengan nilai total sebesar Rp 1.735.200.000.

Selain itu, sebanyak 3.175 KPM di Daerah ujung utara NKRI tersebut, juga tercatat masuk dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Sembako, dengan nilai total sebanyak Rp 7.302.500.000.

“Saya harap bantuan sembako dan BST tersebut dapat meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Saya meminta masyarakat untuk segera membelanjakan BST tersebut di Daerah sini, dengan harapan agar dapat menggerakkan perekonomian lokal,” pinta Juliari.

Baca juga : Katulampa Siaga 1, Masyarakat Diminta Siap Siaga

Cek Gudang Bulog

Usai menyalurkan BST kepada KPM secara simbolis di Kantor Pos Ranai, Kabupaten Natuna, Mensos beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk mengecek stok beras di gudang Bulog Natuna, yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat melalui program BPNT dan program Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk KPM PKH.

“Kemudian untuk Bansos Tunai Program Sembako Non-PKH, senilai Rp 500 ribu per KPM,” pungkas Juliari.

Sementara, Kepala Kantor Pos Tanjungpinang Provinsi Kepluauan Riau, Donnirius Ibhar mengapresiasi apa yang dilakukan Mensos Juliari.

Baca juga : Perpusnas Harap Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Hadir di Tiap Desa

Menurutnya, kunjungan Mensos memberikan motivasi kepada jajarannya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Dan tentunya kepada masyarakat. Semoga bantuan BST yang disalurkan kepada warga bermanfaat. Kami akan terus berkomitmen menjaga kepercayaan ini, agar bantuan tepat sasaran,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.