Dark/Light Mode

Dubes Mansyur Pangeran Terima Bintang Penghargaan Republik Guinea-Bissau

Senin, 3 Agustus 2020 06:55 WIB
Presiden Umaro Sissoco Embalo menyerahkan Bintang Penghargaan kepada Dubes Mansyur Pangeran. (KBRI Dakar)
Presiden Umaro Sissoco Embalo menyerahkan Bintang Penghargaan kepada Dubes Mansyur Pangeran. (KBRI Dakar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI  untuk Dakar Mansyur Pangeran yang merangkap delapan negara di Afrika Barat yakni Senegal, Gambia, Mali, Côte d’Ivoire/Pantai Gading, Guinea-Bissau, Republik Guinea, Sierra Leone dan Cabo Verde, menerima bintang penghargaan tertinggi dari Republik Guinea-Bissau "Medalia Nacional De Merito Na Cooperacao E Desenvolvimento Republic De Guine-Bissau".

Bintang Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Republik Guinea-Bissau Jenderal Umaro Sissoco Embalo dalam upacara kenegaraan di Istana Negara, di Bissau, Guinea-Bissau.

“Saya senang bisa mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Guinea-Bissau Jenderal Umaro Sissoco Embalo ini,” kata Dubes Mansyur Pangeran dalam keterangan yang diterima RMco.id Minggu (2/8).

Baca juga : Produk Minuman Karya Anak Bangsa Kembali Raih Penghargaan Kelas Dunia

Penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Guinea-Bissau itu berdasarkan hasil sidang Dewan Menteri. Dubes Mansyur Pangerah dinikai telah memberi kontribusi konkret dalam berbagai upaya peningkatan dan penguatan hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Embalo dalam pidatonya menyampaikan, Indonesia merupakan negara sahabat sejak lama dan selalu berada di hati rakyat Guinea-Bissau. Embalo ingin lebih meningkatkan persahabatan dengan Indonesia melalui berbagai kerja sama saling menguntungkan.

Embalo adalah presiden pertama Guinea-Bissau yang berkunjung ke Indonesia pada awal tahun 2020. Guinea-Bissau akan terus memberikan dukungannya kepada Indonesia di berbagai fora internasional.

Baca juga : Restrukturisasi Pertamina Perkuat Pengelolaan Energi Nasional

Pada kesempatan "tet a tet", Presiden Embalo menyampaikan permintaan bantuan kepada Indonesia untuk membantu Guinea-Bissau dalam mengatasi pandemi Covid-19. Minimnya peralatan kesehatan dan untuk pencegahan virus corona jenis baru berdampak pada lambatnya penanganan pencegahan penyebaran di Guinea-Bissau.

Embalo yakin Indonesia memiliki kapasitas untuk membantu Guinea-Bissau. Selain itu, Embalo mengharapkan Pemerintah Indonesia dapat memberikan bantuan pengiriman jamaah haji bagi masyarakat Muslim miskin Guinea-Bissau, karena hal tersebut merupakan sejarah yang sangat penting yang tidak terlupakan bagi masyarakat Guinea-Bissau terhadap Indonesia.

Menurut Mansyur, pada 2017, pemerintah Indonesia membantu pengiriman 500 jamaah haji dari Guinea-Bissau untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci di Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Saat itu, kata Mansyur, Embalo mengirim surat permintaan dan akhirnya Pemerintah Indonesia mengirim tiket untuk memberangkatkan umat Muslim Guinea-Bissau untuk menunaikan ibadah haji.

Baca juga : Jadi Perusahaan Terbaik di Bidang CSR, Pertamina Sabet 5 Penghargaan

KBRI Dakar mencatat penghargaan ini merupakan yang pertama dalam sejarah hubungan diplomatik kedua negara. Cerita sukses ini merupakan prestasi, hasil konkret sebuah misi diplomatik, kerja sama solid Tim KBRI Dakar, Konsul Kehormatan RI untuk Guinea-Bissau.

Selain itu, prestasi ini juga menjadi babak baru dan sekaligus tantangan bagi KBRI Dakar ke depan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja terbaik yang telah dicapai. Bagi Mansyur Pangeran, penghargaan ini menjadi salah satu capaian kinerja terbaik sekaligus hadiah ulang tahun teristimewanya menjelang purna tugas.

Pada acara penyerahan bintang penghargaan tersebut sekaligus kesempatan bagi Mansyur untuk berpamitan kepada Embalo, setelah melaksanakan tugas sebagai Duta Besar selama empat tahun lebih (2016-2020). Mansyur akan mengakhiri jabatan sebagai Duta Besar RI delapan negara di Afrika Barat tersebut dan akan kembali ke Tanah Air pada akhir pekan kedua Agustus 2020. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.