Dark/Light Mode

Ternyata, Mahfud Hobi Nonton Film G30S/PKI

Jumat, 25 September 2020 05:16 WIB
Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Dok. Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Dok. Kemenko Polhukam)

 Sebelumnya 
"Nonton film G30S/PKI itu sebagai pengingat bahwa pernah ada peristiwa tersebut. Bahwa pernah ada organisasi bernama PKI yang bertindak keji dan brutal. Walau sekarang sudah tidak ada lagi, tapi tetap harus selalu waspada. Bukan hanya waspada terhadap PKI, tapi juga paham ideologi lain, selain Pancasila," ulas @joriz_ariz.
 
Sejarawan JJ Rizal justru menganggap, kebangkitan PKI adalah pandangan yang sudah kedaluarsa. "Pikiran-pikiran bahwa PKI akan bangkit, sedang bergerak, bahaya laten komunis di Indonesia, saya pikir ini sudah kedaluarsa. Pikiran yang basi, termasuk di dalamnya adalah mereka yang berpikir untuk memutar ulang dan nonton bareng film produksi Orde Baru," ulasnya, di Channel YouTube KompasTV.
 
Soal film ini, memang selalu menarik perhatian. Jika dirunut ke belakang, tepatnya September 2017, Presiden Jokowi nonton bareng film ini bersama Gatot Nurmantyo, yang saat itu masih menjadi Panglima TNI. Tiga bulan setelah momen itu, Gatot, yang akan memasuki masa purnabakti pada April 2018, digantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. 
 
Dua hari lalu, Gatot kemudian mengaitkan pergantian dirinya ini dengan acara nonton bareng film tersebut. Gatot mengaku, sebelum acara nonton bareng itu, dia pernah diingatkan oleh salah seorang kader PDIP agar tidak mengangkat isu itu. Jika diteruskan, dia bisa diganti.
 
"Saya gas, karena ini benar-benar berbahaya. Dan, benar-benar saya diganti," ungkapnya dalam video yang diunggah channel YouTube Hersubeno Point. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.