Dark/Light Mode

Suntik Vaksin Dimulai Januari 2021

Sambil Menunggu, Warga Tetap Jaga Imun Tubuh Ya

Rabu, 7 Oktober 2020 05:56 WIB
Ilustrasi. Suntik Vaksin Corona. (Istimewa)
Ilustrasi. Suntik Vaksin Corona. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 160 juta penduduk Indonesia bakal disuntik vaksin Corona mulai Januari 2021 sampai Maret 2022. Terdapat lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran prioritas vaksinasi Covid-19.

Di garda terdepan ada petugas medis, paramedis contact tracing, TNI/Polri dan aparat hukum sebanyak 3.497.737 orang.

Kemudian tokoh agama/masyarakat, perangkat daerah (kecamatan, desa, RT/RW) dan sebagian pelaku ekonomi sebanyak 5.624.0106 orang. Guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi 4.361.197 orang.

Baca juga : Anak Usaha J Resources Sabet Penghargaan Pertambangan

Aparatur pemerintah (pusat, daerah, dan legislatif) sebanyak 2.305.689 orang. Peserta BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) sejumlah 86.622.867 orang.

Masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya hingga 57.548.500 orang. Ada dua jenis vaksin yang sudah dipastikan dalam daftar, yakni Sinovac-Biofarma dan Sinopharm (Kimia Farma-G42 UAE).

Untuk vaksin Sinovac, pemerintah menargetkan akan memberikannya pada 102.451.500 orang pada kelompok prioritas yang ada di Pulau Jawa.

Baca juga : Sekda DKI Saefullah Meninggal, Warga Betawi Kehilangan Tokoh Panutan

Sedangkan vaksin Sinopharm ditargetkan akan diberikan pada 27 juta sasaran prioritas yang ada di luar Pulau Jawa. Mengingat target vaksinasi sebanyak 160 juta orang, maka masih ada 30.548.500 orang yang tersisa, mereka akan diberikan vaksin lain yakni GAVI-CEPI.

“Setiap orang yang akan diberi vaksin Sinovac atau Sinopharm akan disuntikkan dua dosis vaksin yang diberikan dua kali. Dengan jeda waktu 14 hari dari vaksinasi yang pertama,” beber DirekturJenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Ahmad Yurianto.

Netizen menyambut gembira kabar vaksinasi Corona mulai Januari tahun depan. Tidak sedikit yang mengaku siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin.

Baca juga : Trafik Penumpang Di Bandara Angkasa Pura I Terus Tumbuh

“Alhamdulilah, kabar baik untuk rakyat,” ujar JhondoeAN. “Saya menjadi salah satu relawan uji coba vaksin Sinovac Covid-19. Dan saya bersyukur, happy sampai hari ini setelah suntik vaksin ke-2 baik-baik aja. Semoga terus lancar dan semua bisa divaksin juga,” ungkap Rinidwiandini.

Sixeixeight mengaku bersedia menjadi orang yang disuntikkan vaksin Sinovac. “Saya bersedia,” katanya. “Gue lah,” sambung BungaPecinta. “Aku,” tambah Ceer96.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.