Dark/Light Mode

Masih Banyak Warga Yang Merasa Kebal

Jangan Nunggu Terpapar, Baru Deh Percaya Bahaya Corona...

Senin, 12 Oktober 2020 05:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 17 persen atau sekitar 44,9 juta orang merasa kebal dari Virus Corona. Sebab itu, perlunya edukasi yang lebih masif lagi soal bahayanya virus tersebut.

Survei awal yang dilakukan Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Juli 2020, ada 5 provinsi yang masyarakatnya yakin tidak terpapar Covid-19. Yaitu, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan data terbaru yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), secara nasional masih ada 17 persen warga yang merasa sangat yakin tidak mungkin terpapar Covid-19.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng Corona, Jika Lalai Sedikit Bisa Terpapar

Angka 17 persen setara dengan 44,9 juta orang. “Angka 17 persen ini sangat tinggi,” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam tanya jawab yang disiarkan di YouTube BNPB, Jumat (9/10).

Doni mengatakan, fakta tersebut menjadi tantangan semua pihak untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa Covid-19 adalah nyata, bukan rekayasa dan bukan konspirasi.

“Kondisi ini bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya karena masalah sosialisasi dan masih banyak masyarakat belum mendapat informasi secara utuh terkait Covid-19 ini,” jelasnya.

Baca juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Doni meminta para petugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus mengingatkan masyarakat akan bahaya Covid-19.

“Karena itu, ketentuan protokol kesehatan wajib dipatuhi setiap saat dan di mana pun,” tegasnya. Jehan Cell geram mendengar masih banyak warga yang tidak percaya dengan Virus Corona.

Kata dia, masyarakat yang menganggap remeh Corona cuma menuntut bantuan. “Tapi nggak mau menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca juga : Doni Monardo: Virus Corona Nyata, Jangan Anggap Enteng

Febriant menyambung. Kata dia, masyarakat yang tidak percaya Virus Corona karena belum merasakan terpapar virus itu.

“Karena mereka nggak di posisi orang yang kehilangan keluarganya akibat Covid-19, tambah Pat Gaming Music. Ari Wicaksono menyambung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.