Dark/Light Mode

Kapolri Mutasi 229 Pati Dan Pamen Polri

Rabu, 14 Oktober 2020 12:45 WIB
Mabes Polri. (Foto: ist)
Mabes Polri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Idham Azis memutasi 229 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Mutasi tertuang dalam tiga Surat Telegram (ST), yakni ST/2933/X/KEP/2020,  ST/2934/X/KEP/2020, dan ST/2935/X/KEP/2020 yang diterbitkan pada Selasa (13/10).

Ketiga ST itu ditandatangani atas nama Kapolri oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan. 

Dalam surat telegram bernomor 2933 terdapat 54 pati dan pamen yang dimutasi. 

Baca juga : Kapolda Besuk Anggota Dan Pendemo Di RS Polri

Ada tiga jenderal yang dimutasi. Yakni Irjen Widyanto Poesoko yang semula ditempatkan di Kemenkopolhukam, kini ditarik kembali menjadi Analis Kebijakan Utama Baintelkam Polri.

Kemudian, Irjen Indra Miza yang semula ditugaskan di Wantannas, kini dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Lalu, Brigjen Tatang yang semula Penyidik Tindak Pidana Utama Bareskrim Polri dan dipindahkan untuk bertugas di SKK Migas.

Kemudian, dalam telegram bernomor 2934, ada enam Brigjen yang dimutasi Kapolri. Mereka adalah Brigjen Dul Alim, Brigjen Yudawan Roswinarso, Brigjen Hartono, Brigjen Zainal Arifin, Brigjen Yadi Suryadinata, dan Brigjen Rudi Darmoko. 

Baca juga : Hakekat Pamong Dan Prajurit

Brigjen Dul Alim yang semula menjabat sebagai Wakapolda Jambi, kini ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri, Yang menggantikannya, Brigjen Yudawan Roswinarso yang semula merupakan Karopsi SSDM Polri. 

Lalu, Brigjen Hartono yang merupakan Psikolog Kepolisian Utama SSDM Polri, kini diangkat menjadi Karopsi SSDM Polri.  Brigjen Zainal Arifin, yang merupakan penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kemudian, Brigjen Yadi Suryadinata yang dimutasi dari posisinya sebagai Wakapolda Sulawesi Utara menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Ekonomi Baintelkam Polri. Terakhir, Brigjen Rudi Darmoko yang semula merupakan Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri, kini diangkat menjadi Wakapolda Sulut.

Baca juga : Hotel Isolasi Dipadati Ratusan Pasien Corona

Selain itu, ada 68 perwira menengah berpangkat Kombes dan AKBP yang juga dimutasi Kapolri.

Terakhir, dalam telegram bernomor 2935, Kapolri melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat-pejabat di daerah. Ada 103 Perwira menengah yang dimutasi oleh Kapolri dari wilayah Aceh hingga Papua.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan, Argo menuturkan, selain untuk penyegaran organisasi, mutasi juga dilakukan mendekati masa pensiun sejumlah perwira. "Ya benar. Penyegaran organisasi dan ada yang mendekati masa pensiun," ujar Argo saat dikonfirmasi, Rabu (14/10). [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.