Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Saat Ini

Harum Di Luar, Kecut Di Dalam

Rabu, 21 Oktober 2020 05:57 WIB
Presiden Jokowi. (Istimewa)
Presiden Jokowi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di luar negeri, Presiden Jokowi lagi harum-harumnya. Tapi, di dalam negeri lain lagi ceritanya. Wangi Jokowi sedikit ada kecut-kecutnya.

Survei Kompas menyatakan, mayoritas rakyat tak puas dengan kinerja pemerintah setahun ini. Seperti buah mangga, semoga ke depan Jokowi dan kabinetnya bisa harum di dalam, juga harum di luar.

Harumnya Jokowi di luar negeri muncul setelah namanya dijadikan nama jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). “President Joko Widodo St”. Itulah 4 kata berkelir putih yang ditorehkan pada plang nama jalan berlatar belakang biru dongker.

Artinya, Jalan Presiden Joko Widodo. Di atasnya, keterangan nama jalan ditulis dalam bahasa Arab. Jalan ini terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) dengan Embassy Area.

Baca juga : Harum Luar Dalam

Kawasan Kantor Perwakilan Diplomatik dari sejumlah negara bermarkas. Jalan tersebut diresmikan Senin (19/10) sore, waktu Abu Dhabi. Peresmian dilakukan oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan selaku Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Saat peresmian, jejeran bendera merah putih dengan bendera UAE ditancapkan berdampingan di sepanjang jalan itu.

Baliho besar segi empat, yang memajang foto Jokowi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan lagi melambaikan tangan, juga terpampang di lokasi acara.

Beberapa perwakilan dari Indonesia juga hadir. Mereka mengenakan jas. Salah satunya, Duta Besar Indonesia untuk UAE, Husin Bagis.

Baca juga : Setahun Jokowi-Maruf, Ini Yang Sudah Dicapai

Dalam keterangannya, Husin Bagis mengatakan, penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi ini menambah jumlah nama tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

Setelah Jalan Sukarno di Rabat (Maroko), Jalan Muhammad Hatta di Harleem (Belanda), Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam dan Jalan Munir di Den Haag. Kehadiran nama jalan Presiden Joko Widodo di UAE diyakini akan semakin mengokohkan hubungan antar kedua negara.

“Meningkatkan pengeksposan positif hubungan bilateral RI-UEA yang semakin erat belakangan ini,” kata Husin.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kabar itu melalui akun media sosial miliknya. Dalam keterangannya, Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, ada harapan besar di balik penamaan jalan atas namanya tersebut.

Baca juga : Pak Jokowi, Hari Ini Ke Mana Ya..?

Yaitu, semakin kokohnya hubungan Indonesia dengan UAE yang bermanfaat bagi rakyat. “Ini tentu sebentuk penghargaan dan penghormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia,” posting Jokowi, kemarin.

Beragam komentar merespons postingan Jokowi itu. Tentu, ada yang kagum. Memuji dan ikut bangga. Namun, ada juga yang nyinyir, mengkritik, nulis yang nyeleneh-nyeleneh.

“Di negeri sendiri, Pak @jokowi dihina, dicaci & dilecehkan oleh sekolompok masyarakat Muslim. Tapi di sebuah negara Muslim sekaya UEA, nama Joko Widodo sangat dihargai sampai dijadikan nama jalan di Ibu Kotanya : Abu Dhabi! Keren,,,!! Cuit akun @ kramlim_NKRI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.