Dark/Light Mode

Covid-19 Tidak Menular Melalui ASI

Alhamdulillah, Bunda Bisa Terus Susui Dede Bayinya

Jumat, 23 Oktober 2020 06:29 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro. (Dok. satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro. (Dok. satgas Covid-19)

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus Corona (Covid-19) tidak menular melalui cairan Air Susu Ibu (ASI). Bagi bunda, teruslah menyusui bayinya. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menegaskan, Corona tidak menular melalui ASI.

“ASI sangat penting. Terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi,” kata Reisa melalui tanya jawab di laman resmi #SatgasCovid19.

Baca juga : Alhamdulillah, Pasien Corona Yang Sembuh Makin Banyak

Reisa mengatakan, kendati Corona tidak menular melalui cairan ASI, para ibu harus tetap melakukan tindakan preventif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dia menegaskan, penerapan protokol kesehatan merupakan hal penting. Ibu tetap patuh dan disiplin menggunakan masker secara benar saat berada dekat dengan anak, termasuk saat memberi ASI.

“Cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, sebelum dan sesudah kontak dengan anak (termasuk memberi ASI),” katanya.

Baca juga : Alhamdulillah, Penerimaan Pajak Mulai Meningkat

Reisa juga mengajak semua ibu yang tinggal di wilayah yang memiliki risiko, khususnya jika kondisi ibu menunjukkan gejala demam, batuk dan sesak napas, harus mencari pengobatan secepatnya dan mengikuti saran tenaga kesehatan.

“Tetapi, jika memang tetap perlu berinteraksi dengan anak, harus memperhatikan dan menaati protokol kesehatan,” tukas dia.

Reisa menyarankan setiap anggota keluarga terus membersihkan permukaan benda-benda yang tersentuh tangan dengan lap, tisu, atau cairan disinfektan.

Baca juga : Buka Pameran Foto Covid-19 Golkar DKI, Yanti Airlangga Terenyuh dan Bangga

Khusus untuk ibu dengan kondisi yang terlalu lemah, sebaiknya ASI diperah dan diberikan kepada bayi dengan cangkir atau sendok bersih.

”Tentu dengan tetap mengikuti tindakan-tindakan pencegahan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.